Gunawan, Habib Muzammil (2025) PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN SEBAGAI MEDIA EDUKASI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA SEKOLAH DASAR 003 PANGKALAN SESAI KOTA DUMAI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (662kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (791kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (873kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4449.zip Restricted to Repository staff only Download (93MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (770kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang pesat belum dimanfaatkan secara optimal dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pembelajaran pendidikan karakter bagi siswasekolah dasar. Kurangnya media pembelajaran yang interaktif dan menarik menyebabkan rendahnya pemahaman siswa terhadap nilai-nilai karakter yang diajarkan. Hal ini berdampak pada kurangnya penerapan sikap dan perilaku positidalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas video pembelajaran sebagai mediaedukasi pendidikan karakter bagi siswa Sekolah Dasar 003 Pangkalan Sesai KotaDumai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodepengembangan (Research and Development) dengan model MDLC (MultimediaDevelopment Life Cycle). Tahapan penelitian meliputi analisis kebutuhan,perancangan video pembelajaran, pengembangan animasi interaktif dengan AdobeAnimate CC menggunakan ActionScript 3.0, implementasi di sekolah dasar, sertaevaluasi efektivitas media pembelajaran yang telah dikembangkan. Evaluasidilakukan melalui uji coba terhadap siswa dan wawancara dengan guru untuk mengetahui sejauh mana media ini dapat meningkatkan pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkaefektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai karakteAnimasi interaktif yang disajikan dalam media ini mampu menarik minat siswa dameningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini dapadimanfaatkan oleh guru sebagai media pembelajaran yang inovatif dalammengajarkan pendidikan karakter di tingkat sekolah dasar. Penelitian lebih lanjutdapat mengembangkan media pembelajaran serupa dengan materi yang lebih luas serta mengintegrasikan teknologi augmented reality untuk pengalaman belajar yanglebih interaktif.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar, Animasi Interaktif, Adobe Animate | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 12 Aug 2025 07:23 | ||
Last Modified: | 12 Aug 2025 07:23 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30281 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |