PEMBUATAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN GAYA HIDUP SEHAT

Chairunnisa, Zahwa Putri (2025) PEMBUATAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN GAYA HIDUP SEHAT. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (71kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4084.zip
Restricted to Repository staff only

Download (131MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)

Abstract

Gaya hidup sehat sangat penting dalam mencegah penyakit tidak menular seperti obesitas dan diabetes. Namun, kesadaran generasi muda dalam memilih makanan sehat masih rendah, salah satunya karena kurangnya media edukasi yang menarik dan interaktif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan game edukatif berbasis Android yang dapat meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya konsumsi makanan sehat. Pengembangan game menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) yang terdiri dari enam tahap: inisiasi, pra-produksi, produksi, pengujian, beta, dan rilis. Game ini dibuat menggunakan Construct 2. Pemain ditugaskan memilih makanan sehat untuk mempertahankan skor dan nyawa dengan menghindari makanan tidak sehat yang dapat menurunkan darah karakter. pengujian dilakukan melalui uji Alpha oleh peneliti dan uji Beta oleh 30 responden mahasiswa. Hasil penilaian menggunakan skala Likert menunjukkan bahwa game ini layak, menarik, mudah dimainkan, dan mampu menyampaikan pesan edukatif secara efektif. Dengan demikian, game ini berpotensi menjadi media pembelajaran alternatif dalam penyampaian gaya hidup sehat bagi kalangan muda.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Wardhana, Raditya
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Gaya Hidup Sehat, Makanan Sehat, Android, GDLC
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 12 Aug 2025 03:32
Last Modified: 12 Aug 2025 03:32
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30257

Actions (login required)

View Item View Item