Kusumawati, Arum Annisa (2025) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING AKUN INSTAGRAM @KAMWISPURBAYAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (455kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (685kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (879kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (923kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh sosial media marketing akun instagram @kamwispurbayan terhadap minat berkunjung wisatawan. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif eksplanasi menggunakan metode survei, dengan jumlah sampel sebanyak 95 responden. Menerapkan teknik pengambilan sampel yaitu non probability sampling, berupa purposive sampling, dimana sampel yang dipilih sesuai karakteristik yang telag ditentukan yaitu followers instagram @kamwispurbayan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner googoleform melalui pesan di instagram terhadap pengikut akun instagram @kamwispurbayan. Pengolahan dan analisis data menggunakan analisis diantaranya korelasi pearson, regresi linear sederhana, uji validitas, uji reliabilitas, uji hipotesis, uji koefisien determinasi (R ) dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase berdasarkan hasil indikator variabel social media marketing akun instagram @kamwispurbayan sebesar 87,8% adalah dimensi context yang mempunyai pengaruh paling tinggi dengan kateori sangat baik. Sedangkan minat yang dipengaruhi sebesar 81,8% dengan kategori sangat baik dari dimensi minat transaksional, yang artinya wisatawan atau pengikut mempunyai minat untuk berkunjung berdasarkan keinginan diri setelah melihat pemasaran Kampung Wisata Purbayan melaui instagram. Hal tersebut dibuktikan dari uji t yang mendapatkan hasil sebesar 0,000 < 0,05 yaitu nilai sig kurang dari 0,05. Maka hal tersebut dapat disimpulkan bahwa sosial media marketing akun instagram @kamwispurbayan berpengaruh secara signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan, dengan meningkatkan pemasaran kampung wisata melalui sosial media khususnya instagram maka semakin naik minat berkunjung wisatawan. Hal tersebut juga terbukti dari analisis koefisien determinasi yang menunjukkan sebesar 66,8% social media marketing akun instagram @kamwispurbayan mempengaruhi minat berkunjung wisatawan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Social Media Marketing, Instagram, Minat Berkunjung | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:10 | ||
Last Modified: | 11 Aug 2025 07:10 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30228 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |