PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING AKUN INSTAGRAM @KAMWISPURBAYAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN

Kusumawati, Arum Annisa (2025) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING AKUN INSTAGRAM @KAMWISPURBAYAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (455kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (99kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (923kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh sosial media marketing akun instagram @kamwispurbayan terhadap minat berkunjung wisatawan. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif eksplanasi menggunakan metode survei, dengan jumlah sampel sebanyak 95 responden. Menerapkan teknik pengambilan sampel yaitu non probability sampling, berupa purposive sampling, dimana sampel yang dipilih sesuai karakteristik yang telag ditentukan yaitu followers instagram @kamwispurbayan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner googoleform melalui pesan di instagram terhadap pengikut akun instagram @kamwispurbayan. Pengolahan dan analisis data menggunakan analisis diantaranya korelasi pearson, regresi linear sederhana, uji validitas, uji reliabilitas, uji hipotesis, uji koefisien determinasi (R ) dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase berdasarkan hasil indikator variabel social media marketing akun instagram @kamwispurbayan sebesar 87,8% adalah dimensi context yang mempunyai pengaruh paling tinggi dengan kateori sangat baik. Sedangkan minat yang dipengaruhi sebesar 81,8% dengan kategori sangat baik dari dimensi minat transaksional, yang artinya wisatawan atau pengikut mempunyai minat untuk berkunjung berdasarkan keinginan diri setelah melihat pemasaran Kampung Wisata Purbayan melaui instagram. Hal tersebut dibuktikan dari uji t yang mendapatkan hasil sebesar 0,000 < 0,05 yaitu nilai sig kurang dari 0,05. Maka hal tersebut dapat disimpulkan bahwa sosial media marketing akun instagram @kamwispurbayan berpengaruh secara signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan, dengan meningkatkan pemasaran kampung wisata melalui sosial media khususnya instagram maka semakin naik minat berkunjung wisatawan. Hal tersebut juga terbukti dari analisis koefisien determinasi yang menunjukkan sebesar 66,8% social media marketing akun instagram @kamwispurbayan mempengaruhi minat berkunjung wisatawan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ajibulloh, Alvian Alrasid
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Social Media Marketing, Instagram, Minat Berkunjung
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 11 Aug 2025 07:10
Last Modified: 11 Aug 2025 07:10
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30228

Actions (login required)

View Item View Item