{JALUR BUSSINES PLAN} STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DEWI MEDIA LESTARI MENJADI SEBUAH HOLDING COMPANY

Lestari, Dwi (2025) {JALUR BUSSINES PLAN} STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DEWI MEDIA LESTARI MENJADI SEBUAH HOLDING COMPANY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (639kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (77kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)

Abstract

Barang promosi merupakan salah satu bidang industri yang memiliki permintaan berkelanjutan, baik dari institusi pemerintahan maupun swasta. Media promosi berperan penting dalam membangun kesadaran masyarakat terhadap suatu merek atau brand, sehingga pesan promosi dapat dikomunikasikan secara efektif. Dengan adanya strategi promosi yang tepat, kesadaran dan kepercayaan pelanggan dapat meningkat, serta hubungan dengan mereka dapat terjaga. Dewi Media Lestari adalah perusahaan penyedia barang promosi yang berfokus pada pasar B2B dan B2G, dengan nilai dasar "bertumbuh dan menumbuhkan" dalam menjalankan bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha yang tepat dengan menganalisis kinerja perusahaan serta mengidentifikasi tantangan dan peluang yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan Dewi Media Lestari memerlukan perhatian pada empat aspek utama, yaitu Sumber Daya Manusia (SDM), Produksi & Operasional, Sales & Marketing, serta Keuangan. Dalam aspek SDM, perusahaan perlu menerapkan sistem rekrutmen, deskripsi pekerjaan, sistem penggajian, evaluasi, kontrol, kepemimpinan, serta kebijakan pemutusan hubungan kerja. Dalam bidang pemasaran, strategi bauran pemasaran 7P yang dikembangkan oleh Philip Kotler diterapkan untuk perusahaan jasa, mencakup Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence. Pada aspek produksi dan operasional, manajemen rantai pasok, manajemen peralatan, proses produksi, serta evaluasi output menjadi elemen penting dalam meningkatkan efisiensi kerja. Dari segi keuangan, perusahaan perlu menganalisis kesiapan finansialnya dengan melihat kondisi keuangan, daya saing produk, serta efisiensi operasional. Untuk mendukung strategi pengembangan, Dewi Media Lestari juga menggunakan Business Model Canvas sebagai alat analisis dalam memahami dan menilai rencana bisnis secara menyeluruh. Dengan pendekatan ini, strategi pengembangan perusahaan dapat direpresentasikan secara visual, memudahkan perencanaan dan implementasi langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Suyatmi, Suyatmi
Uncontrolled Keywords: Barang Promosi, Stratergi Pengembangan Bisnis, Bisnis Model Kanvas
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 338.04 Kewirausahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Kewirausahaan
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 11 Aug 2025 06:19
Last Modified: 11 Aug 2025 06:26
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30221

Actions (login required)

View Item View Item