STRATEGI PROGRAM DALAM UPAYA MENARIK MINAT PENDENGAR PADA PROGRAM MARI MENGAJI DI RADIO MQFM JOGJA

Chamada, Nikita Rossa (2025) STRATEGI PROGRAM DALAM UPAYA MENARIK MINAT PENDENGAR PADA PROGRAM MARI MENGAJI DI RADIO MQFM JOGJA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (400kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (134kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)

Abstract

Di era digital saat ini, lanskap media telah mengalami perubahan drastis. Media sosial dan platform daring telah menjadi pesaing serius dalam hal menyediakan informasi dan hiburan. Radio MQFM Jogja menyajikan program siaran Mari Mengaji dengan tujuan memberantas buta huruf Al-Quran bagi pendengarnya terutama kalangan lanjut usia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi program dalam upaya menarik minat pendengar pada program Mari Mengaji di radio MQFM Jogja menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif dengan dasar teori Morissan, serta menggunakan paradigma penelitian konstruktivisme dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pra produksi program Mari Mengaji dimulai dengan melakukan riset minat dan selera pendengar serta menggunakan strategi kolaborasi dengan pihak eksternal yaitu Lembaga Sahabat Quran Nusantara dengan pengajar yang sudah terverifikasi. Selanjutnya pada tahap produksi, program mari mengaji setiap divisi baik manajer, produser, dan penyiar program melakukan tugasnya dengan menghadapi tantangannya masing-masing di antaranya kendala teknis, jaringan, penentuan ayat, dan manajemen waktu siaran. Program Mari Mengaji tersebut tidak hanya disiarkan melalui frekuensi radio tapi juga melalui web streaming dan platform youtube. Pada paska produksi, tidak terdapat evaluasi bulanan akan tetapi evaluasi dilakukan secara langsung atau on the spot ketika terdapat kendala pada saat siaran berlangsung. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi tim produksi dan penyiar dalam menciptakan konten yang lebih menarik dan responsif terhadap kebutuhan pendengar.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Agustina, Dwi Pela
Uncontrolled Keywords: Minat Pendengar, Mari Mengaji, Radio MQFM Jogja
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 11 Aug 2025 04:56
Last Modified: 11 Aug 2025 04:56
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30217

Actions (login required)

View Item View Item