Chamada, Nikita Rossa (2025) STRATEGI PROGRAM DALAM UPAYA MENARIK MINAT PENDENGAR PADA PROGRAM MARI MENGAJI DI RADIO MQFM JOGJA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) |
Abstract
Di era digital saat ini, lanskap media telah mengalami perubahan drastis. Media sosial dan platform daring telah menjadi pesaing serius dalam hal menyediakan informasi dan hiburan. Radio MQFM Jogja menyajikan program siaran Mari Mengaji dengan tujuan memberantas buta huruf Al-Quran bagi pendengarnya terutama kalangan lanjut usia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi program dalam upaya menarik minat pendengar pada program Mari Mengaji di radio MQFM Jogja menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif dengan dasar teori Morissan, serta menggunakan paradigma penelitian konstruktivisme dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pra produksi program Mari Mengaji dimulai dengan melakukan riset minat dan selera pendengar serta menggunakan strategi kolaborasi dengan pihak eksternal yaitu Lembaga Sahabat Quran Nusantara dengan pengajar yang sudah terverifikasi. Selanjutnya pada tahap produksi, program mari mengaji setiap divisi baik manajer, produser, dan penyiar program melakukan tugasnya dengan menghadapi tantangannya masing-masing di antaranya kendala teknis, jaringan, penentuan ayat, dan manajemen waktu siaran. Program Mari Mengaji tersebut tidak hanya disiarkan melalui frekuensi radio tapi juga melalui web streaming dan platform youtube. Pada paska produksi, tidak terdapat evaluasi bulanan akan tetapi evaluasi dilakukan secara langsung atau on the spot ketika terdapat kendala pada saat siaran berlangsung. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi tim produksi dan penyiar dalam menciptakan konten yang lebih menarik dan responsif terhadap kebutuhan pendengar.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Minat Pendengar, Mari Mengaji, Radio MQFM Jogja | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 11 Aug 2025 04:56 | ||
Last Modified: | 11 Aug 2025 04:56 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30217 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |