STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA PROGRAM WIRAUSAHA MUDA KREATIF MELALUI INSTAGRAM JENDELA AMIKOM

Nugraheny, Roseva Damayanti (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA PROGRAM WIRAUSAHA MUDA KREATIF MELALUI INSTAGRAM JENDELA AMIKOM. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (217kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)

Abstract

Dalam era digital, persaingan media kini semakin ketat sehingga Radio MQFM Jogja perlu mengoptimalkan strategi komunikasi pemasarannya khususnya dalam memasarkan program Wirausaha Muda Kreatif (WMK). Penelitian ini memiliki latar belakang dimana Radio MQFM Jogja dan strategi komunikasi pemasara dalam menarik minat pendengar melalui media digital terutama pada program Wirausaha Muda Kreatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh tim Radio MQFM Jogja yang mengelola program wmk dalam pemanfaatan media digital terutama instagram untuk mengembangkan program Wirausaha Muda Kreatif melalui Instagram Jendela Amikom dalam mempromosikan program. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan Direktur Program MQFM, pengelola akun Instagram Jendela Amikom, serta peserta program. Teori yang digunakan adalah teori 7P (Marketing Mix), yang mencakup produk, tempat, harga, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program Wirausaha Muda Kreatif (WMK) menggunakan strategi komunikasi pemasaran dalam bentuk unggahan konten visual,story ataupun feed Instagram yang digunakan sebagai promosi sebelum program tayang melalui Instagram Jendela Amikom untuk berkomunikasi dengan para pendengarnya melihat dari segmentasi yang dipilih yaitu mahasiswa sehingga dapat mengukur dalam meningkatkan keterlibatan audiens yang berinteraksi aktif di media sosial. Namun, terdapat temuan seperti kurangnya konsistensi dalam frekuensi unggahan serta keterbatasan dalam pengelolaan konten ini. Oleh karena itu, diperlukan optimalisasi strategi termasuk penggunaan fitur Instagram yang lebih variatif, kolaborasi dengan para wirausahawan, serta peningkatan interaksi dengan audiens agar program WMK dapat menjangkau target yang lebih luas dan meningkatkan efektivitas promosinya.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Erlistyarini, Yulinda
Uncontrolled Keywords: Instagram, Media Sosial, Pemasaran, Strategi Pemasaran, Teori 7P, Wirausaha Muda Kreatif
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 11 Aug 2025 04:41
Last Modified: 11 Aug 2025 04:41
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30214

Actions (login required)

View Item View Item