Nugraheny, Roseva Damayanti (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA PROGRAM WIRAUSAHA MUDA KREATIF MELALUI INSTAGRAM JENDELA AMIKOM. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (649kB) |
Abstract
Dalam era digital, persaingan media kini semakin ketat sehingga Radio MQFM Jogja perlu mengoptimalkan strategi komunikasi pemasarannya khususnya dalam memasarkan program Wirausaha Muda Kreatif (WMK). Penelitian ini memiliki latar belakang dimana Radio MQFM Jogja dan strategi komunikasi pemasara dalam menarik minat pendengar melalui media digital terutama pada program Wirausaha Muda Kreatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh tim Radio MQFM Jogja yang mengelola program wmk dalam pemanfaatan media digital terutama instagram untuk mengembangkan program Wirausaha Muda Kreatif melalui Instagram Jendela Amikom dalam mempromosikan program. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan Direktur Program MQFM, pengelola akun Instagram Jendela Amikom, serta peserta program. Teori yang digunakan adalah teori 7P (Marketing Mix), yang mencakup produk, tempat, harga, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program Wirausaha Muda Kreatif (WMK) menggunakan strategi komunikasi pemasaran dalam bentuk unggahan konten visual,story ataupun feed Instagram yang digunakan sebagai promosi sebelum program tayang melalui Instagram Jendela Amikom untuk berkomunikasi dengan para pendengarnya melihat dari segmentasi yang dipilih yaitu mahasiswa sehingga dapat mengukur dalam meningkatkan keterlibatan audiens yang berinteraksi aktif di media sosial. Namun, terdapat temuan seperti kurangnya konsistensi dalam frekuensi unggahan serta keterbatasan dalam pengelolaan konten ini. Oleh karena itu, diperlukan optimalisasi strategi termasuk penggunaan fitur Instagram yang lebih variatif, kolaborasi dengan para wirausahawan, serta peningkatan interaksi dengan audiens agar program WMK dapat menjangkau target yang lebih luas dan meningkatkan efektivitas promosinya.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Instagram, Media Sosial, Pemasaran, Strategi Pemasaran, Teori 7P, Wirausaha Muda Kreatif | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 11 Aug 2025 04:41 | ||
Last Modified: | 11 Aug 2025 04:41 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30214 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |