Sulistiono, Terry Indra (2025) PERANCANGAN FRONT END WEBSITE PADA TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (65kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (806kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.2039.zip Restricted to Repository staff only Download (21MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Taman Kanak Kanak Negeri Pembina merupakan lembaga pendidikan yang terletak di Jalan Raya Adibai, Kecamatan Sumberker, Biak. Lembaga pendidikan ini berfokus dalam menyediakan pendidikan usia dini yang baik kepada masyarakat setempat. Saat ini orang tua dari calon siswa baru masih harus datang langsung ke sekolah untuk mengambil, mengisi, dan mengembalikan formulir, serta membayar administrasi. Tujuan penelitian ini untuk merancang front-end Taman Kanak Kanak Pembina dengan fokus pada aspek desain UI/UX menggunakan metode Design Thinking. Metode Design Thinking ini melibatkan lima tahap yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Dalam tahap Empathize, penelitian melakukan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi untuk memahami kebutuhan dan preferensi pengguna dalam mendaftar siswa baru secara online. Tahap define digunakan untuk merumuskan masalah yang dihadapi pengguna dan mengidentifikasi tujuan dan kriteria desain yang diinginkan. Tahap ideate digunakan untuk menghasilkan ide-ide kreatif dalam desain antarmuka website. Tahap prototype untuk mengembangkan wireframe dan prototipe interaktif dari front-end website yang dirancang. Terakhir, tahap test untuk menguji prototipe dengan pengguna yang sesungguhnya untuk mengumpulkan umpan balik untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan lebih lanjut sebelum produk diluncurkan. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah menghasilkan sebuah front end website yang memperhatikan aspek desain UI/UX berdasarkan metode design thinking yang mana website ini memiliki antarmuka yang menarik secara visual, responsif, dan dilengkapi fitur yang memudahkan pengguna dalam mendaftar untuk calon siswa baru. Serta dapat mendorong pertumbuhan lembaga pendidikan Taman Kanak Kanak Pembina untuk meningkatkan pelayanan mereka secara online.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Website, Siswa Baru, UI/UX, Design Thinking, Front-end | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 07:34 | ||
Last Modified: | 17 Jul 2025 07:34 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30188 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |