Bandres, Ignasius Jimi Juliawan Leo (2025) PERANCANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN NAMA BUAH BUAHAN DI TK AISYIAH AL IMAN MENGGUNAKAN METODE MDLC. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (65kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.12.1615.zip Restricted to Repository staff only Download (1kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (752kB) |
Abstract
Di era kemajuan teknologi saat ini, integrasi media interaktif ke dalam metode pendidikan menjadi semakin penting. Penelitian ini berfokus pada perancangan dan pengembangan aplikasi Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran untuk memperkenalkan nama-nama buah kepada anak-anak di TK Aisyiah Al Iman. Tujuan utamanya adalah menciptakan alat pembelajaran yang menarik dan efektif yang dapat meningkatkan pengalaman belajar bagi anak-anak. Penelitian ini menggunakan metodologi Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang mencakup enam fase: konsep, desain, pengumpulan materi, perakitan, pengujian, dan distribusi. Pendekatan terstruktur ini memastikan proses pengembangan yang sistematis, mulai dari pembuatan ide awal hingga implementasi akhir dari aplikasi AR. Sistem AR yang dirancang menggunakan elemen-elemen berwarna dan interaktif untuk menarik minat anak-anak dan membantu proses belajar mereka. Dengan menambahkan informasi digital ke dunia nyata, aplikasi AR menyediakan pengalaman pendidikan yang unik dan imersif yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan AR dalam pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pendidikan, menjadikannya lebih interaktif dan menyenangkan bagi anak-anak
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Buah-buahan, Sistem, MDLC | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 04:56 | ||
Last Modified: | 22 Jul 2025 04:40 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30181 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |