PERANCANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN NAMA BUAH BUAHAN DI TK AISYIAH AL IMAN MENGGUNAKAN METODE MDLC

Bandres, Ignasius Jimi Juliawan Leo (2025) PERANCANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN NAMA BUAH BUAHAN DI TK AISYIAH AL IMAN MENGGUNAKAN METODE MDLC. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (65kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.12.1615.zip
Restricted to Repository staff only

Download (1kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)

Abstract

Di era kemajuan teknologi saat ini, integrasi media interaktif ke dalam metode pendidikan menjadi semakin penting. Penelitian ini berfokus pada perancangan dan pengembangan aplikasi Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran untuk memperkenalkan nama-nama buah kepada anak-anak di TK Aisyiah Al Iman. Tujuan utamanya adalah menciptakan alat pembelajaran yang menarik dan efektif yang dapat meningkatkan pengalaman belajar bagi anak-anak. Penelitian ini menggunakan metodologi Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang mencakup enam fase: konsep, desain, pengumpulan materi, perakitan, pengujian, dan distribusi. Pendekatan terstruktur ini memastikan proses pengembangan yang sistematis, mulai dari pembuatan ide awal hingga implementasi akhir dari aplikasi AR. Sistem AR yang dirancang menggunakan elemen-elemen berwarna dan interaktif untuk menarik minat anak-anak dan membantu proses belajar mereka. Dengan menambahkan informasi digital ke dunia nyata, aplikasi AR menyediakan pengalaman pendidikan yang unik dan imersif yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan AR dalam pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pendidikan, menjadikannya lebih interaktif dan menyenangkan bagi anak-anak

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nuraminudin, M.
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Buah-buahan, Sistem, MDLC
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 17 Jul 2025 04:56
Last Modified: 22 Jul 2025 04:40
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30181

Actions (login required)

View Item View Item