{JALUR MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI METODE UCD PADA RANCANG BANGUN UI/UX UNTUK PERMAINAN "NIMBUS SENTINEL"

Satria, Zulfida Wahyu (2024) {JALUR MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI METODE UCD PADA RANCANG BANGUN UI/UX UNTUK PERMAINAN "NIMBUS SENTINEL". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (362kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (115kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (42kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1254.zip
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Game merupakan sebuah software aplikasi perangkat lunak yang bertujuan untuk mencari kesenangan, memberikan ketegangan, bahkan pendidikan. Game mempunyai segmen masing masing dari anak-anak sampai orang dewasa. Game telah berevolusi sangat cepat dalam industri global sebagai contoh beberapa game memiliki atletnya untuk bertanding bersama dengan klubnya. game memiliki kategori yang sangat luas mencakup petualangan, strategi, olahraga, dan simulasi dan lain-lain. Pada penelitian ini, Penulis menganalisis teknik UCD pada permainan 3D berjudul “Nimbus Sentinel”. Penambahan UI/UX yang baik dalam game dapat memberikan kenyamanan, mempermudah navigasi, dan memperkaya interaksi dengan pemain. Dalam beberapa study menyatakan bahwa pengembangan UI/UX yang optimal sangat penting dalam menciptakan pengalaman bermain yang menyenangkan dan memuaskan. Dari permasalahan tersebut, peneliti menerapkan teknik UCD untuk mencapai hasil sesuai dengan keinginan. Penggunaan teknik UCD diharapkan dapat menyampaikan interaksi dengan pemain yang tidak dapat direalisasikan secara nyata dengan baik. Hasil dari penelitian ini menjelaskan Teknik UCD pada permainan “Nimbus Sentinel” yang diimplementasikan pada unity untuk pengembangan game.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Filza, Muhammad Fairul
Uncontrolled Keywords: Permainan, UCD, UI/UX, Pengembangan Permainan
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:51
Last Modified: 15 Jul 2025 03:20
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30117

Actions (login required)

View Item View Item