{JALUR BUSINESS PLAN} STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS AYU WEDDING

Arrahim, Muhammad Ihsan (2025) {JALUR BUSINESS PLAN} STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS AYU WEDDING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (41kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)

Abstract

Industri wedding organizer di Indonesia mengalami pertumbuhan yang stabil dan terus menunjukkan prospek cerah, termasuk di wilayah Kalimantan Selatan, khususnya Kabupaten Tanah Laut. Penelitian ini membahas perencanaan, strategi pengembangan, serta evaluasi kinerja bisnis Ayu Wedding Organizer sebagai penyedia layanan pernikahan yang menawarkan konsep personalisasi dan inovasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei terhadap 50 responden yang tertarik menggunakan jasa wedding organizer, dengan hasil yang menunjukkan bahwa kebutuhan utama konsumen mencakup layanan perencanaan menyeluruh, jaringan vendor berkualitas, koordinasi hari-H yang profesional, dan personalisasi konsep acara. Ayu Wedding menawarkan solusi dengan membangun jaringan vendor terpercaya, menyediakan berbagai paket pernikahan sesuai kebutuhan klien, serta menerapkan strategi pemasaran berbasis media sosial untuk menjangkau target pasar. Analisis SWOT digunakan untuk menyusun strategi pengembangan jangka pendek dan panjang, selain itu, penelitian ini juga mengkaji model bisnis Ayu Wedding menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMC). Hasil laporan keuangan menunjukkan adanya potensi pertumbuhan laba bersih dan arus kas yang positif. Berdasarkan analisis, Ayu Wedding memiliki peluang besar untuk memperluas pasar dengan memperkuat inovasi, memperluas jaringan kemitraan, serta meningkatkan kualitas layanan. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi untuk pengembangan bisnis jasa wedding organizer di daerah potensial lainnya.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Widyawati, Rahma
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, Bisnis Jasa, Inovasi, Pemasaran Digital, Analisis SWOT, Business Model Canvas.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 338.04 Kewirausahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Kewirausahaan
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 14 Jul 2025 07:36
Last Modified: 14 Jul 2025 07:36
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30109

Actions (login required)

View Item View Item