PERENCANAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI UNTUK PEMAHAMAN MATERI FOTOSINTESIS IPA SMP

Satria, Maulana Bayu (2025) PERENCANAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI UNTUK PEMAHAMAN MATERI FOTOSINTESIS IPA SMP. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (45kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.11.2211.zip
Restricted to Repository staff only

Download (285MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (993kB)

Abstract

Mata pelajaran IPA dengan materi fotosintesis merupakan materi dasar bagi siswa smp untuk mempelajari materimateri di tingkat selanjutnya, namun media pembelajaran yang digunakan selama ini masih belum bisa mengoptimalkan hasil belajar siswa terhadap pelajaran tersebut, dengan demikian perlu adanya pengembangan terhadap media pembelajaran yang digunakan. Media pembelajaran berbasis teknologi saat ini sudah mulai digunakan, namun kurang bervariatif. Mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan media pembelajaran yang lebih kreatif, inovatif serta informatif agar siswa mendapatkan pengalaman baru dalam belajar. Media pembelajaran harus sesuai dengan karakteristik siswa di generasi Z, yaitu lebih senang menghabiskan waktunya di dunia maya, salah satunya adalah bermain game. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran game edukasi pada materi fotosintesis . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan serta efektivitas media pembelajaran berbasis game edukasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development. menurut Borg and Gall dengan lima tahapan dalam yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, dan (5) Revisi produk. Produk berbentuk aplikasi game yang terdiri dari permainan dan materi fotosintesis. Produk game edukasi dapat dipasang pada smartphone. Game edukasi divalidasi oleh empat validator yaitu ahli materi, ahli media, dan dua guru biologi SMP.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Filza, Muhammad Fairul
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Game Edukasi, Fotosintesis, IPA, Game 2D.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 14 Jul 2025 07:30
Last Modified: 15 Jul 2025 06:27
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30106

Actions (login required)

View Item View Item