Puspitasari, Widya (2025) PENGARUH PROMOSI VISUAL “SERBA 35000” TERHADAP MOTIVASI PEMBELIAN KONSUMEN TOKO “SERBA 35000” DI JALAN KALIURANG KM.8. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (733kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (720kB) |
Abstract
Pertumbuhan ekonomi di Indonesia mendorong perkembangan diberbagai sektor industri, salah satunya industri fashion uang mengalami lonjakan melalui bisnis ritel. Perubahan gaya hidup dan meningkatnya daya beli masyarakat menciptakan peluang bagi pelaku usaha untuk menerapkan strategi promosi, salah satunya promosi visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi visual melalui spanduk bertuliskan “Serba 35000” terhadap motivasi pembelian konsumen dengan menggunakan pendekatan AIDA (attention, Interest, Desire, Action). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, adapun upaya yang dilakukan yakni dengan menyebarkan kuesioner terhadap 97 responden. Dimana para responden tersebut merupakan konsumen yang berkunjung ke toko pada saat penulis melakukan penelitian. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini yang menunjukan bahwa variabel desire memiliki pengaruh paling besar terhadap action dengan koefisien 0,633. Uji simultan menunjukkan bahwa attention, interest, dan desire secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap tindakan pembelian dengan perolehan nilai F = 91,931 dan nilai signifikansi 0,000. Nilai R² sebesar 0,740 mengindikasikan bahwa 74% motivasi pembelian dipengaruhi oleh promosi visual berdasarkan model AIDA. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa efektifitas strategi visual sederhana berupa benner mampu memengaruhi motivasi pembelian konsumen.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Pertumbuhan Ekonomi, Strategi Promosi, AIDA, Motivasi Pembelian, Toko “Serba 35000” | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 02:06 | ||
Last Modified: | 14 Jul 2025 02:06 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30086 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |