PENGARUH PROMOSI VISUAL “SERBA 35000” TERHADAP MOTIVASI PEMBELIAN KONSUMEN TOKO “SERBA 35000” DI JALAN KALIURANG KM.8

Puspitasari, Widya (2025) PENGARUH PROMOSI VISUAL “SERBA 35000” TERHADAP MOTIVASI PEMBELIAN KONSUMEN TOKO “SERBA 35000” DI JALAN KALIURANG KM.8. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia mendorong perkembangan diberbagai sektor industri, salah satunya industri fashion uang mengalami lonjakan melalui bisnis ritel. Perubahan gaya hidup dan meningkatnya daya beli masyarakat menciptakan peluang bagi pelaku usaha untuk menerapkan strategi promosi, salah satunya promosi visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi visual melalui spanduk bertuliskan “Serba 35000” terhadap motivasi pembelian konsumen dengan menggunakan pendekatan AIDA (attention, Interest, Desire, Action). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, adapun upaya yang dilakukan yakni dengan menyebarkan kuesioner terhadap 97 responden. Dimana para responden tersebut merupakan konsumen yang berkunjung ke toko pada saat penulis melakukan penelitian. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini yang menunjukan bahwa variabel desire memiliki pengaruh paling besar terhadap action dengan koefisien 0,633. Uji simultan menunjukkan bahwa attention, interest, dan desire secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap tindakan pembelian dengan perolehan nilai F = 91,931 dan nilai signifikansi 0,000. Nilai R² sebesar 0,740 mengindikasikan bahwa 74% motivasi pembelian dipengaruhi oleh promosi visual berdasarkan model AIDA. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa efektifitas strategi visual sederhana berupa benner mampu memengaruhi motivasi pembelian konsumen.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Yudhistira, Nurfian
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Ekonomi, Strategi Promosi, AIDA, Motivasi Pembelian, Toko “Serba 35000”
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 14 Jul 2025 02:06
Last Modified: 14 Jul 2025 02:06
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30086

Actions (login required)

View Item View Item