Astuningrum, Ariska Diah (2020) ANALISIS DAN IMPLEMENTASI FREKUENSI POLA PEMBELIAN KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA FREQUENT PATTERN GROWTH PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN (STUDI KASUS :RUMAH MAKAN JAVA JUICE KLATEN). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (228kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (40kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code - Ariska Diah Astuningrum.rar Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_16.11.0641 - Ariska Diah Astuningrum.pdf Restricted to Repository staff only Download (843kB) |
Abstract
Rumah Makan Java Juice yang berada di kota Klaten berdiri pada tahun 1999, memiliki banyak menu makanan dan minuman yang ditawarkan. Sehingga setiap hari data transaksi penjualan di Rumah Makan Java Juice semakin bertambah. Namun pemanfaatan data transaksinya belum maksimal baru sebatas untuk laporan peningkatan dan penurunan penjualan. Pada rumah makan Java Juice memiliki kendala dalam menentukan strategi penjualan yang tepat. Dari transaksi penjualan maka rumah makan Java Juice memiliki data-data yang belum diketahui manfaat lainnya. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah aplikasi yang digunakan untuk memanfaatkan data-data tersebut agar bisa menghasilkan informasi penting dalam strategi teknik pemasaran untuk memberikan promo suatu makanan atau minuman dan membuat paketan yang tepat untuk konsumen. Teknik untuk mengolah data tersebut salah satunya menggunakan teknik data mining dengan metode association rule dengan algoritma frequent pattern-growth. Dalam penelitian ini dengan algoritma FP-Growth yang dapat melihat pola pembelian makanan dan minuman yang paling sering dibeli di rumah makan Java Juice, karena memiliki banyak menu makanan dan minuman sehingga konsumen akan sering berganti makanan atau minuman yang mereka pesan sesuai keinginan mereka maka akan sering mengubah strategi penjualan dengan pemberian promo dan paketan makanan dengan menggunakan hasil analisa FPGrowth.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | pola asosiasi, data mining, FP-GROWTH | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 28 Jun 2022 04:44 | ||
Last Modified: | 24 Aug 2023 04:23 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3005 |
Actions (login required)
View Item |