ANALISIS DAN IMPLEMENTASI FREKUENSI POLA PEMBELIAN KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA FREQUENT PATTERN GROWTH PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN (STUDI KASUS :RUMAH MAKAN JAVA JUICE KLATEN)

Astuningrum, Ariska Diah (2020) ANALISIS DAN IMPLEMENTASI FREKUENSI POLA PEMBELIAN KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA FREQUENT PATTERN GROWTH PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN (STUDI KASUS :RUMAH MAKAN JAVA JUICE KLATEN). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (40kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code - Ariska Diah Astuningrum.rar
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_16.11.0641 - Ariska Diah Astuningrum.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)

Abstract

Rumah Makan Java Juice yang berada di kota Klaten berdiri pada tahun 1999, memiliki banyak menu makanan dan minuman yang ditawarkan. Sehingga setiap hari data transaksi penjualan di Rumah Makan Java Juice semakin bertambah. Namun pemanfaatan data transaksinya belum maksimal baru sebatas untuk laporan peningkatan dan penurunan penjualan. Pada rumah makan Java Juice memiliki kendala dalam menentukan strategi penjualan yang tepat. Dari transaksi penjualan maka rumah makan Java Juice memiliki data-data yang belum diketahui manfaat lainnya. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah aplikasi yang digunakan untuk memanfaatkan data-data tersebut agar bisa menghasilkan informasi penting dalam strategi teknik pemasaran untuk memberikan promo suatu makanan atau minuman dan membuat paketan yang tepat untuk konsumen. Teknik untuk mengolah data tersebut salah satunya menggunakan teknik data mining dengan metode association rule dengan algoritma frequent pattern-growth. Dalam penelitian ini dengan algoritma FP-Growth yang dapat melihat pola pembelian makanan dan minuman yang paling sering dibeli di rumah makan Java Juice, karena memiliki banyak menu makanan dan minuman sehingga konsumen akan sering berganti makanan atau minuman yang mereka pesan sesuai keinginan mereka maka akan sering mengubah strategi penjualan dengan pemberian promo dan paketan makanan dengan menggunakan hasil analisa FPGrowth.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sulistiyono, Mulia
Uncontrolled Keywords: pola asosiasi, data mining, FP-GROWTH
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 28 Jun 2022 04:44
Last Modified: 24 Aug 2023 04:23
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3005

Actions (login required)

View Item View Item