STRATEGI CONTENT MARKETING UNTUK MENINGKATKAN CUSTOMER ENGAGEMENT MELALUI INSTAGRAM @JAGRA.ID

Fauzi, Muhammad (2025) STRATEGI CONTENT MARKETING UNTUK MENINGKATKAN CUSTOMER ENGAGEMENT MELALUI INSTAGRAM @JAGRA.ID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (511kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (122kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)

Abstract

Di tengah persaingan bisnis digital yang semakin kompetitif, strategi content marketing menjadi hal penting bagi brand untuk menarik perhatian dan membangun keterlibatan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi content marketing yang diterapkan oleh Toko Kaos Polos Jagra.id melalui akun Instagram @jagra.id dalam upaya meningkatkan customer engagement. Menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi konten Instagram, dan dokumentasi selama periode penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi content marketing Jagra disusun secara sistematis melalui delapan tahapan: menentukan tujuan, pemetaan target audiens, perencanaan ide konten, produksi konten, distribusi, amplifikasi, evaluasi, dan perbaikan strategi. Seluruh tahapan ini diintegrasikan ke dalam model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share), yang terbukti mampu mengarahkan audiens dari sekadar terpapar konten hingga melakukan tindakan nyata. Misalnya, konten reels dengan jenis komedi didukung dengan kualitas visual mampu menarik perhatian audiens, sementara konten edukatif dan informatif membantu audiens untuk mencari tahu lebih lanjut dan melakukan pembelian. Lebih lanjut, content marketing Jagra berhasil membangun customer engagement dalam tiga dimensi: Kognitif, ketika audiens menunjukkan minat dan keingintahuan terhadap produk; Emosional, saat konten menghibur dan relevan menimbulkan rasa kedekatan; Perilaku, melalui tindakan menyukai, membagikan, atau membeli produk setelah melihat konten. Keberhasilan strategi ini juga ditunjang oleh kemampuan Jagra dalam membaca tren digital dan menyesuaikan gaya komunikasi dengan karakteristik anak muda yang menjadi target utama. Temuan ini menegaskan bahwa strategi content marketing yang terarah, relevan, dan berlandaskan pada pola interaksi digital mampu meningkatkan customer engagement secara berkelanjutan dan memperkuat posisi brand di media sosial.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sekarningrum, Anggun Anindya
Uncontrolled Keywords: AISAS, Content Marketing, Customer Engagement, Instagram
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 01 Jul 2025 04:35
Last Modified: 01 Jul 2025 04:35
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30013

Actions (login required)

View Item View Item