Furqan, Muhammad Fidal (2025) IMPLEMENTASI SENTIMEN ANALISIS TERHADAP PENGGUNAAN JASA KURIR SHOPEE EXPRESS MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (878kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.11.2987.zip Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (970kB) |
Abstract
Pesatnya perkembangan e-commerce di Indonesia telah meningkatkan kebutuhan akan layanan pengiriman barang yang cepat dan terpercaya. Shopee, sebagai salah satu platform e-commerce terkemuka, meluncurkan Shopee Express untuk memenuhi kebutuhan ini. Namun, layanan Shopee Express masih menerima keluhan dari pelanggan terkait keterlambatan pengiriman, kerusakan barang, dan aspek lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen pengguna X terhadap jasa kurir Shopee Express menggunakan metode Naïve Bayes. Data dikumpulkan dari X menggunakan teknik crawling, menghasilkan dataset sebanyak 1762 tweet yang terdiri dari sentimen positif dan negatif. Dataset kemudian diproses melalui tahapan preprocessing seperti cleaning, case folding, tokenization, stopword removal, dan stemming. Metode Naïve Bayes yang dikombinasikan dengan teknik SMOTE digunakan untuk mengklasifikasikan sentimen, dengan pembagian data latih dan data uji sebesar 70:30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model yang diusulkan mencapai akurasi sebesar 81%. Hal ini menunjukkan bahwa metode Naïve Bayes memiliki performa yang tinggi dalam memprediksi sentiment. Penelitian ini memberikan wawasan tentang persepsi pelanggan terhadap Shopee Express dan menunjukkan efektivitas metode Naïve Bayes dalam analisis sentimen di media sosial X.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Sentimen, Shopee Express, Naïve Bayes, X | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 25 Jun 2025 07:30 | ||
Last Modified: | 25 Jun 2025 07:30 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29943 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |