IMPLEMENTASI SENTIMEN ANALISIS TERHADAP PENGGUNAAN JASA KURIR SHOPEE EXPRESS MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES

Furqan, Muhammad Fidal (2025) IMPLEMENTASI SENTIMEN ANALISIS TERHADAP PENGGUNAAN JASA KURIR SHOPEE EXPRESS MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (878kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (192kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (40kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.11.2987.zip
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB)

Abstract

Pesatnya perkembangan e-commerce di Indonesia telah meningkatkan kebutuhan akan layanan pengiriman barang yang cepat dan terpercaya. Shopee, sebagai salah satu platform e-commerce terkemuka, meluncurkan Shopee Express untuk memenuhi kebutuhan ini. Namun, layanan Shopee Express masih menerima keluhan dari pelanggan terkait keterlambatan pengiriman, kerusakan barang, dan aspek lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen pengguna X terhadap jasa kurir Shopee Express menggunakan metode Naïve Bayes. Data dikumpulkan dari X menggunakan teknik crawling, menghasilkan dataset sebanyak 1762 tweet yang terdiri dari sentimen positif dan negatif. Dataset kemudian diproses melalui tahapan preprocessing seperti cleaning, case folding, tokenization, stopword removal, dan stemming. Metode Naïve Bayes yang dikombinasikan dengan teknik SMOTE digunakan untuk mengklasifikasikan sentimen, dengan pembagian data latih dan data uji sebesar 70:30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model yang diusulkan mencapai akurasi sebesar 81%. Hal ini menunjukkan bahwa metode Naïve Bayes memiliki performa yang tinggi dalam memprediksi sentiment. Penelitian ini memberikan wawasan tentang persepsi pelanggan terhadap Shopee Express dan menunjukkan efektivitas metode Naïve Bayes dalam analisis sentimen di media sosial X.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sasongko, Theopilus Bayu
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, Shopee Express, Naïve Bayes, X
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 25 Jun 2025 07:30
Last Modified: 25 Jun 2025 07:30
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29943

Actions (login required)

View Item View Item