MEDIA EDUKASI STOP BULLYING BERBASIS MULTIMEDIA ANIMASI 2D DI SDN PERUMNAS CONDONGCATUR

Ivo, Alma Monika (2025) MEDIA EDUKASI STOP BULLYING BERBASIS MULTIMEDIA ANIMASI 2D DI SDN PERUMNAS CONDONGCATUR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA- LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.11.2759.zip
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)

Abstract

Bullying merupakan tindakan kekerasan yang dilakukan oleh individu atau kelompok secara sengaja dan berulang-ulang, baik secara fisik maupun psikologis. Fenomena bullying di Indonesia, khususnya di lingkungan sekolah dasar, mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Sayangnya, pengetahuan siswa mengenai dampak negatif bullying terhadap kondisi mental dan fisik masih tergolong rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk merancang media edukasi dalam bentuk video animasi dengan teknik motion graphic yang menyampaikan informasi mengenai bahaya bullying kepada siswa kelas V di SDN Perumnas Condongcatur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 3 tahap perancangan yaitu pra-produksi, produksi, dan pasca produksi. Hasil Penelitian ini berupa video edukasi mengenalkan tentang bullying, dampak, jenis-jenis bullying, cara menyikapinya dengan benar, serta upaya pencegahannya di lingkungan sekolah. Berdasarkan hasil kuesioner yang diberikan kepada 43 siswa kelas V SDN perumnas condongcatur video edukasi ini dinilai sangat baik dengan persentase nilai 87,03%. Dengan demikian, video edukasi ini dapat digunakan sebagai sarana pendukung pembelajaran karakter dan pencegahan bullying di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Mustopa, Ali
Uncontrolled Keywords: 2D, Animasi, Sekolah, Media Edukasi, Bullying
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 25 Jun 2025 06:48
Last Modified: 25 Jun 2025 07:52
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29941

Actions (login required)

View Item View Item