Ivo, Alma Monika (2025) MEDIA EDUKASI STOP BULLYING BERBASIS MULTIMEDIA ANIMASI 2D DI SDN PERUMNAS CONDONGCATUR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (842kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA- LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.11.2759.zip Restricted to Repository staff only Download (24MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (830kB) |
Abstract
Bullying merupakan tindakan kekerasan yang dilakukan oleh individu atau kelompok secara sengaja dan berulang-ulang, baik secara fisik maupun psikologis. Fenomena bullying di Indonesia, khususnya di lingkungan sekolah dasar, mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Sayangnya, pengetahuan siswa mengenai dampak negatif bullying terhadap kondisi mental dan fisik masih tergolong rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk merancang media edukasi dalam bentuk video animasi dengan teknik motion graphic yang menyampaikan informasi mengenai bahaya bullying kepada siswa kelas V di SDN Perumnas Condongcatur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 3 tahap perancangan yaitu pra-produksi, produksi, dan pasca produksi. Hasil Penelitian ini berupa video edukasi mengenalkan tentang bullying, dampak, jenis-jenis bullying, cara menyikapinya dengan benar, serta upaya pencegahannya di lingkungan sekolah. Berdasarkan hasil kuesioner yang diberikan kepada 43 siswa kelas V SDN perumnas condongcatur video edukasi ini dinilai sangat baik dengan persentase nilai 87,03%. Dengan demikian, video edukasi ini dapat digunakan sebagai sarana pendukung pembelajaran karakter dan pencegahan bullying di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | 2D, Animasi, Sekolah, Media Edukasi, Bullying | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 25 Jun 2025 06:48 | ||
Last Modified: | 25 Jun 2025 07:52 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29941 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |