Kurniawati, Tria (2025) PEMANFAATAN INSTAGRAM @DISPARBUD.KEBUMENKAB SEBAGAI MEDIA INFORMASI PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN KEBUMEN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) |
Abstract
Akun Instagram @disparbud.kabumenkab digunakan oleh Disparbud Kebumen sebagai media informasi pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Kebumen memiliki engagement rate yang tinggi meskipun baru dibuat. Sehingga penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pemanfaatan akun Instagram @disparbud.kebumenkab menggunakan Teori SOME dari Regina Luttrel dengan paradigma konstruktivisme dan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Hasilnya pada aspek share Disparbud Kebumen memanfaatkan fitur story, feed, reels, DM, aroba, geotagging, live, hashtag, highlight, komentar dan berkolaborasi dengan pengguna lain dengan tujuan menyebarkan informasi, membangun, dan terhubung dengan followers. Aspek kedua yaitu optimize Disparbud Kebumen mendengarkan saran mengenai desain template dari followers untuk sarana meningkatkan keterlibatan followers yang digunakan sebagai evaluasi untuk konten selanjutnya, selain itu konsisten memakai hashtag #plesirkebumen dan #disparbudkebumen untuk memberikan identitas postingan, namun belum menggunakan Ads sebagai upaya optimalisasi postingan. Aspek ketiga yaitu manage dengan mengelola Instagram dengan baik salah satunya yaitu mengatasi kesalahan informasi pada caption dengan segera memperbaiki untuk menjaga informasi agar tetap valid, sehingga dapat dipercaya oleh followers. Aspek terakhir yaitu engage, Disparbud Kebumen menanggapi Komentar dan DM dengan bahasa yang santai untuk menambah keakraban dengan followers, berinteraksi dengan komunitas wisata seperti Pokdarwis dan Komunitas Ekraf sekaligus berkolaborasi dengan influencer untuk meningkatkan keterlibatan followers dan menambah jangkauan postingan, serta memaksimalkan interaksi dengan melakukan repost story, sehingga meningkatkan keterlibatan followers. Disparbud Kebumen juga mengunggah postingan lomba untuk melibatkan audiens untuk menambah jumlah followers @disparbud.kebumenkab.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Instagram, Teori SOME, Disparbud, Kebumen | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 06 May 2025 07:20 | ||
Last Modified: | 06 May 2025 07:37 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29882 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |