PEMANFAATAN INSTAGRAM @DISPARBUD.KEBUMENKAB SEBAGAI MEDIA INFORMASI PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN KEBUMEN

Kurniawati, Tria (2025) PEMANFAATAN INSTAGRAM @DISPARBUD.KEBUMENKAB SEBAGAI MEDIA INFORMASI PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN KEBUMEN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (10MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (103kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)

Abstract

Akun Instagram @disparbud.kabumenkab digunakan oleh Disparbud Kebumen sebagai media informasi pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Kebumen memiliki engagement rate yang tinggi meskipun baru dibuat. Sehingga penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pemanfaatan akun Instagram @disparbud.kebumenkab menggunakan Teori SOME dari Regina Luttrel dengan paradigma konstruktivisme dan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Hasilnya pada aspek share Disparbud Kebumen memanfaatkan fitur story, feed, reels, DM, aroba, geotagging, live, hashtag, highlight, komentar dan berkolaborasi dengan pengguna lain dengan tujuan menyebarkan informasi, membangun, dan terhubung dengan followers. Aspek kedua yaitu optimize Disparbud Kebumen mendengarkan saran mengenai desain template dari followers untuk sarana meningkatkan keterlibatan followers yang digunakan sebagai evaluasi untuk konten selanjutnya, selain itu konsisten memakai hashtag #plesirkebumen dan #disparbudkebumen untuk memberikan identitas postingan, namun belum menggunakan Ads sebagai upaya optimalisasi postingan. Aspek ketiga yaitu manage dengan mengelola Instagram dengan baik salah satunya yaitu mengatasi kesalahan informasi pada caption dengan segera memperbaiki untuk menjaga informasi agar tetap valid, sehingga dapat dipercaya oleh followers. Aspek terakhir yaitu engage, Disparbud Kebumen menanggapi Komentar dan DM dengan bahasa yang santai untuk menambah keakraban dengan followers, berinteraksi dengan komunitas wisata seperti Pokdarwis dan Komunitas Ekraf sekaligus berkolaborasi dengan influencer untuk meningkatkan keterlibatan followers dan menambah jangkauan postingan, serta memaksimalkan interaksi dengan melakukan repost story, sehingga meningkatkan keterlibatan followers. Disparbud Kebumen juga mengunggah postingan lomba untuk melibatkan audiens untuk menambah jumlah followers @disparbud.kebumenkab.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pudrianisa, Sheila Lestari Giza
Uncontrolled Keywords: Instagram, Teori SOME, Disparbud, Kebumen
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 06 May 2025 07:20
Last Modified: 06 May 2025 07:37
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29882

Actions (login required)

View Item View Item