PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA MENGGUNAKAN UNITY YANG DIKEMAS DENGAN AKSI PERTARUNGAN

Apriliawan, Fery (2025) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA MENGGUNAKAN UNITY YANG DIKEMAS DENGAN AKSI PERTARUNGAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (997kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (59kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.11.2890.zip
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)

Abstract

Game edukasi menjadi salah satu metode inovatif dalam pembelajaran yang mampu meningkatkan minat serta pemahaman siswa terhadap suatu mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan game edukasi matematika berbasis Unity dengan konsep aksi pertarungan. Game ini dibuat untuk membantu pemain memahami operasi dasar matematika, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, melalui mekanisme permainan yang interaktif dan kompetitif. Metode yang diterapkan dalam pengembangan game ini adalah System Development Life Cycle (SDLC) dengan pendekatan waterfall. Pengujian dilakukan menggunakan Black Box Testing guna memastikan bahwa fitur dalam game berfungsi dengan baik serta System Usability Scale (SUS) untuk mengukur tingkat kenyamanan dan kemudahan penggunaan oleh pemain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game ini dapat meningkatkan pemahaman pengguna terhadap konsep matematika dasar dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Dari hasil uji kelayakan, game ini memperoleh skor SUS sebesar 93,14%, yang mengindikasikan bahwa game memiliki tingkat penerimaan yang baik oleh pengguna. Sebagai kesimpulan, pengembangan game edukasi berbasis Unity dengan elemen aksi pertarungan dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif untuk memperdalam konsep matematika dasar. Studi ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan menambahkan variasi soal, peningkatan kualitas animasi, serta perluasan platform agar lebih banyak pengguna dapat mengakses game ini.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Filza, Muhammad Fairul
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Matematika, Unity, Aksi Pertarungan, Pembelajaran Interaktif
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 May 2025 01:57
Last Modified: 02 May 2025 06:56
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29813

Actions (login required)

View Item View Item