Apriliawan, Fery (2025) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA MENGGUNAKAN UNITY YANG DIKEMAS DENGAN AKSI PERTARUNGAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (997kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (705kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.11.2890.zip Restricted to Repository staff only Download (6kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
Abstract
Game edukasi menjadi salah satu metode inovatif dalam pembelajaran yang mampu meningkatkan minat serta pemahaman siswa terhadap suatu mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan game edukasi matematika berbasis Unity dengan konsep aksi pertarungan. Game ini dibuat untuk membantu pemain memahami operasi dasar matematika, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, melalui mekanisme permainan yang interaktif dan kompetitif. Metode yang diterapkan dalam pengembangan game ini adalah System Development Life Cycle (SDLC) dengan pendekatan waterfall. Pengujian dilakukan menggunakan Black Box Testing guna memastikan bahwa fitur dalam game berfungsi dengan baik serta System Usability Scale (SUS) untuk mengukur tingkat kenyamanan dan kemudahan penggunaan oleh pemain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game ini dapat meningkatkan pemahaman pengguna terhadap konsep matematika dasar dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Dari hasil uji kelayakan, game ini memperoleh skor SUS sebesar 93,14%, yang mengindikasikan bahwa game memiliki tingkat penerimaan yang baik oleh pengguna. Sebagai kesimpulan, pengembangan game edukasi berbasis Unity dengan elemen aksi pertarungan dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif untuk memperdalam konsep matematika dasar. Studi ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan menambahkan variasi soal, peningkatan kualitas animasi, serta perluasan platform agar lebih banyak pengguna dapat mengakses game ini.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Matematika, Unity, Aksi Pertarungan, Pembelajaran Interaktif | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 02 May 2025 01:57 | ||
Last Modified: | 02 May 2025 06:56 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29813 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |