APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL BENDA LUAR ANGKASA BERBASIS MARKER PADA SISWA SMP NEGERI 1 JARAI

Alrafiqih, Vallentino (2025) APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL BENDA LUAR ANGKASA BERBASIS MARKER PADA SISWA SMP NEGERI 1 JARAI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode -18.11.1957.zip
Restricted to Repository staff only

Download (209MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)

Abstract

Pandemi yang melanda pada tahun 2020 telah mengubah cara hidup manusia secara signifikan. Salah satu perubahan utamanya dalam sistem pendidikan, di mana pembelajaran tatap muka di kelas telah digantikan dengan pertemuan online melalui teknologi dan platform digital. Perubahan ini tidak hanya mempengaruhi cara kita belajar, tetapi juga membawa dampak terhadap kualitas pendidikan secara keseluruhan. Tantangan muncul dalam mengadaptasi metode pembelajaran baru, terutama dalam hal penggunaan smartphone yang sering tidak efisien, membuat siswa cenderung lebih memilih untuk bermain daripada belajar. Perancangan aplikasi ini memanfaatkan Software Blender, yang digunakan untuk membuat konten multimedia, khususnya objek 3D, Adobe Photoshop, yang digunakan untuk membangun user interface, Unity 3D, yang menyatukan semua aset ke dalam sebuah aplikasi, dan SDK Vuforia sebagai database untuk penyimpanan marker. Tujuan penulisan ini adalah untuk membuat aplikasi media pembelajaran interaktif berbasis augmented reality dengan menggunakan metode pelacakan Marker Based Tracking agar berpengaruh dalam pembelajaran benda ruang angkasa bagi siswa sekolah menengah pertama untuk mempelajarinya dengan lebih mudah. Pendekatan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) adalah metodologi penelitian yang digunakan oleh penulis. Menggunakan teknologi AR membuat pemahaman materi pendidikan bagi siswa akan lebih menarik karena mereka dapat melihat model 3 Dimensi secara real time dengan menggabungkan dunia nyata dan dunia digital yang ditampilkan pada smartphone. Dalam rangka membantu proses belajar mengajar di sekolah SMP Negeri 1 Jarai, dibutuhkan referensi media pembelajaran yang efektif. Hasil dari pengujian aplikasi menunjukan bahwa aplikasi media interaktif pembelajaran ini layak digunakan sebagai media interaktif dalam proses belajar serta meningkatkan dan mempermudah pemahaman siswa tentang benda luar angkasa.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Wardhana, Raditya
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Benda Ruang Angkasa, Augmented Reality, Marker Based Tracking
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 30 Apr 2025 07:45
Last Modified: 30 Apr 2025 07:45
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29807

Actions (login required)

View Item View Item