Alrafiqih, Vallentino (2025) APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL BENDA LUAR ANGKASA BERBASIS MARKER PADA SISWA SMP NEGERI 1 JARAI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (734kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode -18.11.1957.zip Restricted to Repository staff only Download (209MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (839kB) |
Abstract
Pandemi yang melanda pada tahun 2020 telah mengubah cara hidup manusia secara signifikan. Salah satu perubahan utamanya dalam sistem pendidikan, di mana pembelajaran tatap muka di kelas telah digantikan dengan pertemuan online melalui teknologi dan platform digital. Perubahan ini tidak hanya mempengaruhi cara kita belajar, tetapi juga membawa dampak terhadap kualitas pendidikan secara keseluruhan. Tantangan muncul dalam mengadaptasi metode pembelajaran baru, terutama dalam hal penggunaan smartphone yang sering tidak efisien, membuat siswa cenderung lebih memilih untuk bermain daripada belajar. Perancangan aplikasi ini memanfaatkan Software Blender, yang digunakan untuk membuat konten multimedia, khususnya objek 3D, Adobe Photoshop, yang digunakan untuk membangun user interface, Unity 3D, yang menyatukan semua aset ke dalam sebuah aplikasi, dan SDK Vuforia sebagai database untuk penyimpanan marker. Tujuan penulisan ini adalah untuk membuat aplikasi media pembelajaran interaktif berbasis augmented reality dengan menggunakan metode pelacakan Marker Based Tracking agar berpengaruh dalam pembelajaran benda ruang angkasa bagi siswa sekolah menengah pertama untuk mempelajarinya dengan lebih mudah. Pendekatan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) adalah metodologi penelitian yang digunakan oleh penulis. Menggunakan teknologi AR membuat pemahaman materi pendidikan bagi siswa akan lebih menarik karena mereka dapat melihat model 3 Dimensi secara real time dengan menggabungkan dunia nyata dan dunia digital yang ditampilkan pada smartphone. Dalam rangka membantu proses belajar mengajar di sekolah SMP Negeri 1 Jarai, dibutuhkan referensi media pembelajaran yang efektif. Hasil dari pengujian aplikasi menunjukan bahwa aplikasi media interaktif pembelajaran ini layak digunakan sebagai media interaktif dalam proses belajar serta meningkatkan dan mempermudah pemahaman siswa tentang benda luar angkasa.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Benda Ruang Angkasa, Augmented Reality, Marker Based Tracking | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 30 Apr 2025 07:45 | ||
Last Modified: | 30 Apr 2025 07:45 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29807 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |