REPRESENTASI BUDAYA PERANCIS DAN INGGRIS DALAM GAME GENSHIN IMPACT DI NEGARA FONTAINE (Analisis Semiotika Budaya Prancis dan Inggris dalam Game Genshin Impact di Negara Fontaine)

Azka, Muhammad Nuruddin (2025) REPRESENTASI BUDAYA PERANCIS DAN INGGRIS DALAM GAME GENSHIN IMPACT DI NEGARA FONTAINE (Analisis Semiotika Budaya Prancis dan Inggris dalam Game Genshin Impact di Negara Fontaine). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (385kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (946kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang representasi budaya Perancis dan Inggris di negara Fontaine dalam Game Genshin Impact. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk budaya Perancis dan Inggris yang muncul di negara Fontaine dalam Game Genshin Impact, seperti unsur kebudayaan, cerita, sistem politik yang dijadikan referensi guna untuk memenuhi konsep Perancis dan Inggris dalam mengembangkan desain negara Fontaine. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan melakukan studi pustaka dan dokumentasi untuk melihat budaya Perancis dan Inggris yang ada di dalam Genshin Impact yang kemudian dianalisis menggunakan Teori Representasi menurut Stuart Hall (1997) dengan tiga asumsinya, yakni Reflektif, Intensional, dan Konstruksional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa negara Fontaine secara akurat menunjukkan representasi reflektif budaya dan sejarah Perancis, dengan adanya kesamaan pada unsur kebudayaan, cerita, dan sistem politik. Adapun representasi intensional dan representasi konstruksional yang menunjukkan adanya sedikit modifikasi dari unsur budaya Perancis dan Inggris yang direpresentasikan ke dalam Game Genshin Impact, hal tersebut dilakukan karena adanya penyesuaian dari alur cerita dan kepentingan konsep yang ditetapkan oleh pengembangnya game Genshin Impact itu sendiri.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurbayti, Nurbayti
Uncontrolled Keywords: Game, Genshin Impact, Budaya, Perancis, Inggris
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 30 Apr 2025 01:25
Last Modified: 30 Apr 2025 01:25
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29793

Actions (login required)

View Item View Item