IMPLEMENTASI METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE PADA PENGEMBANGAN GAME ADVENTURE HOROR 3D “THE CONTAINMENT”

Pramudya, Ananda Eza Yudha (2024) IMPLEMENTASI METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE PADA PENGEMBANGAN GAME ADVENTURE HOROR 3D “THE CONTAINMENT”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (677kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (129kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (48kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1239.zip
Restricted to Repository staff only

Download (43MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat dapat dirasakan semua orang. Game merupakan sarana seseorang dalam mencari hiburan, ilmu, bahkan untuk bersosialisasi. Tujuan dari game adalah pemain harus menyelesaikan objektif untuk mencapai suatu ending atau skor tertentu. Game terbagi menjadi 2 jenis, yaitu game tradisional dan digital. Game digital atau video game juga terbagi beberapa jenis tergantung dimana pemain memainkannya. Game Design Document (GDD) digunakan dalam perencanaan konsep awal karya untuk merinci komponen-komponen penting dalam desain awal sebuah game seperti gameplay, karakter, lingkungan, grafik dan User Interface (UI). Penelitian dilakukan dengan metode Game Development Life Cycle (GDLC), metode ini diimplementasikan sebagai kerangka kerja dengan beberapa langkah seperti inisialisasi, pra-produksi, produksi, pengujian dan peluncuran. Implementasi GDLC diharapkan mampu untuk memenuhi tingkat efisiensi produksi dan kualitas dari game sesuai dengan yang ditentukan. Unity Game Engine digunakan dalam pengembangan karya dengan alasan mudah diakses dan dipelajari dan memiliki komunitas yang aktif untuk mencari bantuan dan sumber daya. Tujuan dalam pengembangan game ini diharap pemain dapat mencapai suatu kesenangan dalam bermain dan memahami jalan cerita dari karya game yang dibuat. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi game Adventure Horror 3D dengan resolusi 1080P FULL HD di platform Windows. Hasil akhir dari penelitian ini mendapatkan skor 82,35% kategori sangat baik oleh para ahli dan skor 86,69% kategori sangat baik oleh khalayak umum.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Haryoko, Haryoko
Uncontrolled Keywords: GDLC, GDD, Unity, Game 3D
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 29 Apr 2025 03:51
Last Modified: 29 Apr 2025 03:51
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29782

Actions (login required)

View Item View Item