STRATEGI CONTENT CREATOR DALAM MENINGKATKAN AUDIENCE ENGAGEMENT DI AKUN TIKTOK REPUBLIKA JOGJA

Puspitasari, Deasy Kirana (2025) STRATEGI CONTENT CREATOR DALAM MENINGKATKAN AUDIENCE ENGAGEMENT DI AKUN TIKTOK REPUBLIKA JOGJA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (8MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (77kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (828kB)

Abstract

Tiktok Republika Jogja merupakan platform media sosial yang digunakan untuk menyampaikan informasi dan berita secara menarik dan interaktif. Tema yang sering digunakan atau diangkat oleh akun Tiktok Republika Jogja ialah berita lokal, sosial budaya, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan hidup. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teori sosial media engagement untuk dapat mengetahui bagaimana strategi kreatif content creator dalam meningkatkan audience engagement di akun Tiktok Republika Jogja. Peneliti menggunakan metode kualitatif untuk menganalisis strategi kreatif yang diterapkan oleh content creator akun Instagram @RepublikaJogja dalam meningkatkan audience engagement. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi content creator di akun Tiktok Republika Jogja dalam meningkatkan audience engagement baik melalui konten yang berkualitas, konsistensi postingan, penggunaan hastag, target audiens, keaktifan, dan penggunaan fitur-fitur dalam aplikasi Tiktok. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa content creator Tiktok Republika Jojga telah memanfaatkan fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi Tiktok dan juga mengikuti tren untuk meningkatkan audience engagement. Dalam penelitian ini peneliti menemukan tantangan dan hambatan berupa masih kurangnya sumber daya manusia yang ada di dalam Republika Jogja sehingga dalam membuat konten, masih menjadi kendala dan mengakibatkan tidak ada peningkatan yang signifikan terkait dengan audience engagement.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sa'idah, Zahrotus
Uncontrolled Keywords: Audience Engagement, Content Creator, Republika Jojga, Tiktok
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 29 Apr 2025 01:24
Last Modified: 29 Apr 2025 01:24
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29752

Actions (login required)

View Item View Item