Subkhan, Fajar Bayu (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MAKE UP ARTIST (MUA) DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS (Studi Pada Anggota HARPI MELATI Kota Pekalongan). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (463kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (765kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (925kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (767kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (704kB) |
Abstract
Make Up Artist atau tata rias saat ini sangat berkembang pesat dan banyak ditemui di berbagai daerah, menjadikan salah satu profesi yang banyak diminati. Pada penelitian ini, peneliti melakukan penelitian mengenai strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan para MUA dalam meningkatkan Brand Awareness. Peneliti akan melakukan penelitian pada pelaku usaha Make Up Artist di Kota Pekalongan yang tergabung dalam anggota HARPI Melati. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan Triangulasi data sebagai teknik analisisnya, sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah para MUA meningkatkan Brand Awareness dengan tujuh hal yaitu 1.) Product, yaitu para MUA dan perias dalam meningkatkan Brand Awareness produknya menggunakan media sosial. 2.) Price para MUA dan perias menetapkan harga atau tarif menyesuaikan harga pasaran dan permintaan klien. 3.) Promotion para MUA dan perias melakukan kegiatan promosi dan pemasaran menggunakan fitur pada sosial media. 4.) Process para MUA harus memperhatikan penguasaan berbagai teknik, tata cara, tema dan konsep. 5.) Physical Evidence para MUA dan perias menyatakan bukti fisik yang menjadi daya tarik para audiens atau calon klien untuk menggunakan jasa tersebut didasarkan pada ciri khas dari setiap MUA. 6.) Place tempat usaha atau rumah dari para MUA dan perias mudah diakses dan ditemukan oleh klien dengan mencarinya di aplikasi Maps. 7.) People para MUA memiliki tanggapan yang baik dari para klien, selain itu para klien juga merekomendasikannya kepada orang lain. Selanjutnya dengan teori AIDA, Attention, para MUA menggunakan berbagai konten video dan foto yang diposting di media sosial. Interest, pada tahap ini para MUA membangun minat calon klien dengan menyuguhkan berbagai. Desire, tahap ini para MUA memenuhi permintaan dan keinginan klien. Action dimana pada tahap ini klien melakukan Tindakan menggunakan jasa.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Brand Awareness, Make Up Artist, Strategi Komunikasi Pemasaran | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 28 Apr 2025 04:15 | ||
Last Modified: | 28 Apr 2025 04:15 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29718 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |