Amanullah, Rijal Taqiyyuddin (2025) {JALUR MAGANG ARTIST} PEMODELAN LINGKUNGAN TIGA DIMENSI PADA FILM “REDEMPTION OF SOULS” MENGGUNAKAN SOFTWARE BLENDER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (960kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (908kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
Abstract
Game atau permainan digital merupakan salah satu sarana hiburan yang populer saat ini. Dengan kemajuan teknologi, game tidak hanya berfungsi sebagai media hiburan, tetapi juga sebagai bentuk seni yang dapat menyampaikan cerita dan pesan kepada pemain. Animasi 3D, sebagai salah satu elemen dalam pengembangan game , memiliki peran besar dalam menyampaikan cerita tersebut. Dalam proses pembuatan game , pemodelan lingkungan 3D sangat penting, terutama sebagai latar belakang dan background cerita. Lingkungan pada adegan ledakan Odin dirancang dua teknik modeling , yaitu Primitive Modelling untuk membuat elemen bangunan dan furniture jalanan, serta Procedural Modeling untuk membuat pohon menggunakan fitur Sapling Tree Gen di Blender. Teknik Primitive Modelling dipilih karena sederhana dan cocok untuk membuat bentuk dasar seperti box, sphere, cylinder, plane dan objek standar lainnya. Sementara itu, Procedural Modeling digunakan untuk membuat pohon karena prosesnya menggunakan Sapling Tree Gen pada fitur di Blender untuk pengguna membuat pohon dengan struktur stylized secara otomatis dan sesuai kebutuhan untuk animasi 3D pada film "Redemption of Souls". Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teknik modeling lingkungan pada adegan ledakan Odin yang diterapkan dalam pembuatan modeling 3D pada film " Redemption of Souls ". Penelitian ini mengkaji kelebihan, kekurangan, serta efektivitas teknik tersebut dalam menghasilkan lingkungan. Film "Redemption of Souls" , mengangkat cerita bergenre fantasi. Dengan menggunakan animasi 3D, cerita yang diangkat merupakan cutscene pembuka game. Gaya visual yang diterapkan dalam "Redemption of Souls" menggabungkan teknik cell shading dan stylized
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Pemodelan Lingkungan, Primitive Modeling, Procedural Modeling, Tiga Dimensi, Ledakan Odin | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 23 Apr 2025 08:23 | ||
Last Modified: | 23 Apr 2025 08:23 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29628 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |