PERANCANGAN DAN PEMBUATAN VIDEO IKLAN ANIMASI 2D DENGAN TEKNIK MOTION GRAPHIC PADA TOEFL TEST CENTER YOGYAKARTA

Sumarjono, Yusrian Abdullah (2025) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN VIDEO IKLAN ANIMASI 2D DENGAN TEKNIK MOTION GRAPHIC PADA TOEFL TEST CENTER YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (51kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.82.0335.zip
Restricted to Repository staff only

Download (34MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)

Abstract

Video merupakan bagian dari multimedia dengan teknologi pengiriman sinyal elektronik dari suatu gambar bergerak. Video dapat digunakan sebagai sebagai media promosi (iklan). Iklan diartikan sebagai berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang dijual, dipasang pada media massa. Motion graphic merupakan gabungan dari potongan-potongan desain/animasi yang berbasis media visual yang menggabungkan film dengan desain grafis dengan memasukan sejumlah elemen yang berbeda. Istilah motion graphic digunakan untuk menggambarkan berbagai solusi desain grafis professional dalam menciptakan suatu desain komunikasi yang dinamis dan efisien untuk film, televisi dan internet. Motion graphic adalah tipe animasi yang menampilkan tulisan dan grafik. Pembuatan iklan dengan menggunakan teknik motion graphic diharapkan dapat menjadi tren baru di bidang periklanan dan penyampaian informasi. Penelitian ini dilakukan pada pada Osee Toefl Test Center Yogyakarta. Metode perancangan dan pembuatan iklan meliputi tahap pra produksi dan tahap produksi. Pada tahap pra produksi meliputi tahap perancangan ide dan konsep, pemilihan tema, perancangan naskah, pemilihan dubber, dan pemilihan storyboard. Pada tahap produksi meliputi pembuatan narasi, pembuatan desain obyek 2D (dimensi), pembuatan timelapse, composting dan editing, final rendering, dan uji kelayakan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Satria, Dhimas Adi
Uncontrolled Keywords: Video Iklan, Animasi 2D, Motion Graphic
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 23 Apr 2025 06:26
Last Modified: 23 Apr 2025 06:26
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29617

Actions (login required)

View Item View Item