Aziz, Ahmad Rizki Nur (2025) PERANCANGAN GAME EDUKASI VISUAL NOVEL UNTUK MENGAJARKAN KONSEP BELA NEGARA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.82.0376.zip Restricted to Repository staff only Download (4kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Teknologi di dekade akhir ini telah berkembang sangat pesat. Termasuk kedalam terknologi tersebut adalah game. Game memiliki banyak peminat khususnya di kalangan remaja. Selain untuk hiburan, game juga dapat digunakan sebagai metode pengajaran. Penelitian kali ini akan menggunakan game khususnya game bergenre visual novel menggunakan game engine Ren’py sebagai bahan pengajaran konsep bela negara.kebutuhan akan pengetahuan bela negara akhir akhir ini sangat diperlukan, khususnya untuk remaja setingkat mahasiswa untuk menanamkan sifat patriotisme. Untuk melakukan penelitian ini, diperlukan beberapa instrumen penelitian, yaitu game visual novel sebagai bahan pengajaran konsep bela negara, materi bela negara, dan responden. Langkah pertama yang diperlukan adalah melakukan observasi dan studi literatur tentang materi yang akan dibahas. Selanjutnya perancagan dan pembuatan game yang bertema bela negara sebagai bahan penyampaian materi dengan menerapkan metode pra-produksi dan produksi. Langkah selanjutnya adalah uji coba pada responden, langkah terakhir adalah pengisian kuisioner sebagai patokan sejauh mana materi dapat tersampaikan. Dari hasil kuisioner nanti akan ditemukan sejauh mana penelitian ini berhasil mengajarkan konsep bela negara kepada remaja dan menanamkan sifat patriotisme. Selain itu hasil penelitian ini juga diharapkan dapat berguna bagi penelitian selanjutnya oleh peneliti-peneliti yang membutuhkan materi tentang bela negara ataupun game visual novel yang berkonsep bela negara.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Ren’py, Visual Novel, Bela Negara, Game | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 22 Apr 2025 07:24 | ||
Last Modified: | 22 Apr 2025 07:24 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29600 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |