PERANCANGAN GAME EDUKASI VISUAL NOVEL UNTUK MENGAJARKAN KONSEP BELA NEGARA

Aziz, Ahmad Rizki Nur (2025) PERANCANGAN GAME EDUKASI VISUAL NOVEL UNTUK MENGAJARKAN KONSEP BELA NEGARA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (126kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (36kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.82.0376.zip
Restricted to Repository staff only

Download (4kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Teknologi di dekade akhir ini telah berkembang sangat pesat. Termasuk kedalam terknologi tersebut adalah game. Game memiliki banyak peminat khususnya di kalangan remaja. Selain untuk hiburan, game juga dapat digunakan sebagai metode pengajaran. Penelitian kali ini akan menggunakan game khususnya game bergenre visual novel menggunakan game engine Ren’py sebagai bahan pengajaran konsep bela negara.kebutuhan akan pengetahuan bela negara akhir akhir ini sangat diperlukan, khususnya untuk remaja setingkat mahasiswa untuk menanamkan sifat patriotisme. Untuk melakukan penelitian ini, diperlukan beberapa instrumen penelitian, yaitu game visual novel sebagai bahan pengajaran konsep bela negara, materi bela negara, dan responden. Langkah pertama yang diperlukan adalah melakukan observasi dan studi literatur tentang materi yang akan dibahas. Selanjutnya perancagan dan pembuatan game yang bertema bela negara sebagai bahan penyampaian materi dengan menerapkan metode pra-produksi dan produksi. Langkah selanjutnya adalah uji coba pada responden, langkah terakhir adalah pengisian kuisioner sebagai patokan sejauh mana materi dapat tersampaikan. Dari hasil kuisioner nanti akan ditemukan sejauh mana penelitian ini berhasil mengajarkan konsep bela negara kepada remaja dan menanamkan sifat patriotisme. Selain itu hasil penelitian ini juga diharapkan dapat berguna bagi penelitian selanjutnya oleh peneliti-peneliti yang membutuhkan materi tentang bela negara ataupun game visual novel yang berkonsep bela negara.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Satria, Dhimas Adi
Uncontrolled Keywords: Ren’py, Visual Novel, Bela Negara, Game
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 22 Apr 2025 07:24
Last Modified: 22 Apr 2025 07:24
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29600

Actions (login required)

View Item View Item