STRATEGI KOMUNIKASI POLRI DALAM MENINGKATKAN CITRA KEPOLISIAN MELALUI MEDIA DIGITAL PODCAST SSDM “SERU-SERUAN DI MABES”

Situmorang, Meilany Magdalena (2025) STRATEGI KOMUNIKASI POLRI DALAM MENINGKATKAN CITRA KEPOLISIAN MELALUI MEDIA DIGITAL PODCAST SSDM “SERU-SERUAN DI MABES”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (970kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Strategi Komunikasi Polri Dalam Meningkatkan Citra Kepolisian Melalui Media Digital Podcast SSDM “SeruSeruan di Mabes”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan tim produksi podcast yang tergabung tim jurnalistik dan anggota Polri dalam meningkatkan citra Kepolisian melalui media digital podcast SSDM “Seru-Seruan di Mabes”. Adapun metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan tujuan menganalisis strategi komunikasi yang digunakan. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, strategi komunikasi yang diterapkan mengacu pada teori strategi komunikasi Anwar Arifin, yang mencakup empat tahapan: mengenal khalayak, menyusun pesan, menentukan metode, serta seleksi dan penggunaan media. Khalayak utama adalah masyarakat Indonesia, dengan fokus pada anak muda yang bercita-cita menjadi polisi dan orang tua yang mencari informasi. Penyusunan pesan menyesuaikan minat audiens dan agenda kepolisian, seperti program rekrutmen dan kisah inspiratif anggota Polri. Metode komunikasi yang digunakan bersifat dua arah, melalui analisis komentar audiens serta wawancara berbasis 5W+1H. Media utama yang digunakan adalah YouTube, dengan Instagram, TikTok, dan WhatsApp sebagai sarana promosi. Secara keseluruhan, strategi ini tidak hanya menyampaikan informasi mengenai program rekrutmen Polri tetapi juga membangun narasi positif melalui konten inspiratif, edukatif, dan informatif. Podcast menghadirkan anggota Polri berprestasi, influencer kepolisian, serta figur yang berwenang menjelaskan program kepolisian. Dengan pendekatan ini, podcast menjadi sarana komunikasi yang mempererat hubungan Polri dengan masyarakat sekaligus meningkatkan citra kepolisian.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Agustina, Dwi Pela
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, SDM Polri, Podcast, Citra, Kepolisian
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 22 Apr 2025 04:45
Last Modified: 22 Apr 2025 04:45
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29571

Actions (login required)

View Item View Item