Situmorang, Meilany Magdalena (2025) STRATEGI KOMUNIKASI POLRI DALAM MENINGKATKAN CITRA KEPOLISIAN MELALUI MEDIA DIGITAL PODCAST SSDM “SERU-SERUAN DI MABES”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (970kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (555kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (626kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai Strategi Komunikasi Polri Dalam Meningkatkan Citra Kepolisian Melalui Media Digital Podcast SSDM “SeruSeruan di Mabes”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan tim produksi podcast yang tergabung tim jurnalistik dan anggota Polri dalam meningkatkan citra Kepolisian melalui media digital podcast SSDM “Seru-Seruan di Mabes”. Adapun metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan tujuan menganalisis strategi komunikasi yang digunakan. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, strategi komunikasi yang diterapkan mengacu pada teori strategi komunikasi Anwar Arifin, yang mencakup empat tahapan: mengenal khalayak, menyusun pesan, menentukan metode, serta seleksi dan penggunaan media. Khalayak utama adalah masyarakat Indonesia, dengan fokus pada anak muda yang bercita-cita menjadi polisi dan orang tua yang mencari informasi. Penyusunan pesan menyesuaikan minat audiens dan agenda kepolisian, seperti program rekrutmen dan kisah inspiratif anggota Polri. Metode komunikasi yang digunakan bersifat dua arah, melalui analisis komentar audiens serta wawancara berbasis 5W+1H. Media utama yang digunakan adalah YouTube, dengan Instagram, TikTok, dan WhatsApp sebagai sarana promosi. Secara keseluruhan, strategi ini tidak hanya menyampaikan informasi mengenai program rekrutmen Polri tetapi juga membangun narasi positif melalui konten inspiratif, edukatif, dan informatif. Podcast menghadirkan anggota Polri berprestasi, influencer kepolisian, serta figur yang berwenang menjelaskan program kepolisian. Dengan pendekatan ini, podcast menjadi sarana komunikasi yang mempererat hubungan Polri dengan masyarakat sekaligus meningkatkan citra kepolisian.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, SDM Polri, Podcast, Citra, Kepolisian | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 22 Apr 2025 04:45 | ||
Last Modified: | 22 Apr 2025 04:45 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29571 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |