Septian, Fahrul Bagas (2025) STRATEGI PENGELOLAAN KONTEN PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK VENDOR MULTIMEDIA BAKULSTREAMING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (955kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (362kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (586kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengelolaan media sosial TikTok pada vendor multimedia BakulStreaming. Dengan menggunakan pendekatan fenomenologi dan metode kualitatif melalui wawancara, observasi serta dokumentasi, penelitian ini mengidentifikasi berbagai kendala yang menghambat efektivitas TikTok sebagai platform pemasaran digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan TikTok oleh BakulStreaming belum optimal, terutama dalam aspek Optimize, Manage, dan Engage berdasarkan Share, Optimize Manage, Engage (SOME). Meskipun unggahan konten telah dilakukan secara rutin (Share), vendor multimedia Bakulstreaming berhasil memanfaatkan share yang berdampak untuk meningkatkan jumlah penonton vendor dan dapat merubah algoritma audiens (Optimize). Selain itu, pengelolaan media sosial ini belum terstruktur karena tidak adanya tim khusus yang menangani TikTok secara profesional (Manage). Rendahnya interaksi audiens juga menjadi kendala utama dalam membangun engagement (Engage), yang disebabkan oleh kurangnya elemen interaktif dan minimnya respons terhadap audiens. Sebagai solusi, penelitian ini merekomendasikan pembentukan tim khusus untuk mengelola TikTok secara lebih strategis, peningkatan kreativitas dalam produksi konten, pemanfaatan analisis data untuk memahami pola engagement audiens, serta interaksi yang lebih aktif dengan pengguna. Selain itu, kolaborasi dengan kreator TikTok juga disarankan untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan visibilitas brand. Penelitian selanjutnya dapat mengadopsi pendekatan kuantitatif guna menganalisis efektivitas strategi konten secara lebih terukur. Studi perbandingan antara TikTok dengan platform media sosial lain juga dapat dilakukan untuk memahami strategi pemasaran digital yang lebih luas dan efektif bagi industri multimedia.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | TikTok, Strategi Konten, Keterlibatan, Pengelolaan Media Sosial, Multimedia | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 21 Apr 2025 04:41 | ||
Last Modified: | 21 Apr 2025 04:41 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29521 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |