STRATEGI PENGELOLAAN KONTEN PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK VENDOR MULTIMEDIA BAKULSTREAMING

Septian, Fahrul Bagas (2025) STRATEGI PENGELOLAAN KONTEN PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK VENDOR MULTIMEDIA BAKULSTREAMING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (955kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (142kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengelolaan media sosial TikTok pada vendor multimedia BakulStreaming. Dengan menggunakan pendekatan fenomenologi dan metode kualitatif melalui wawancara, observasi serta dokumentasi, penelitian ini mengidentifikasi berbagai kendala yang menghambat efektivitas TikTok sebagai platform pemasaran digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan TikTok oleh BakulStreaming belum optimal, terutama dalam aspek Optimize, Manage, dan Engage berdasarkan Share, Optimize Manage, Engage (SOME). Meskipun unggahan konten telah dilakukan secara rutin (Share), vendor multimedia Bakulstreaming berhasil memanfaatkan share yang berdampak untuk meningkatkan jumlah penonton vendor dan dapat merubah algoritma audiens (Optimize). Selain itu, pengelolaan media sosial ini belum terstruktur karena tidak adanya tim khusus yang menangani TikTok secara profesional (Manage). Rendahnya interaksi audiens juga menjadi kendala utama dalam membangun engagement (Engage), yang disebabkan oleh kurangnya elemen interaktif dan minimnya respons terhadap audiens. Sebagai solusi, penelitian ini merekomendasikan pembentukan tim khusus untuk mengelola TikTok secara lebih strategis, peningkatan kreativitas dalam produksi konten, pemanfaatan analisis data untuk memahami pola engagement audiens, serta interaksi yang lebih aktif dengan pengguna. Selain itu, kolaborasi dengan kreator TikTok juga disarankan untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan visibilitas brand. Penelitian selanjutnya dapat mengadopsi pendekatan kuantitatif guna menganalisis efektivitas strategi konten secara lebih terukur. Studi perbandingan antara TikTok dengan platform media sosial lain juga dapat dilakukan untuk memahami strategi pemasaran digital yang lebih luas dan efektif bagi industri multimedia.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purnamasari, Novita Ika
Uncontrolled Keywords: TikTok, Strategi Konten, Keterlibatan, Pengelolaan Media Sosial, Multimedia
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 21 Apr 2025 04:41
Last Modified: 21 Apr 2025 04:41
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29521

Actions (login required)

View Item View Item