PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN METAMORFOSIS HEWAN PADA KELAS 5 SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID

Arifin, Gulam Kurnia (2022) PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN METAMORFOSIS HEWAN PADA KELAS 5 SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (551kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (325kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (71kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
METAMORFOSIS - Gulam Kurnia Arifin.rar
Restricted to Repository staff only

Download (247MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Naskah Publikasi - Gulam Kurnia Arifin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan penting bagi setiap individu, Pendidikan juga menjadi faktor bagi pembentukan karakter pribadi yang baik, pembelajaran di sekolah pada umumnya ada guru sebagai pengajar dan buku sebagai media pembelajaran, di era teknologi saat ini telah merambah berbagai macam sektor termasuk Pendidikan teknologi Augmented reality atau sering di sebut AR dapat di kembangkan sebagai media pembelajaran, dengan cara yang berbeda di teknologi AR dapat memasukan objek visual 3D kedalam lingkungan nyata. Pada penelitian ini menggunakan metode marker based tracking merupakan salah satu metode pendekatan yang digunakan dam membuat sebuah AR, metode ini menggunakan sebuah marker atau pemandu untuk menampilkan objek virtual berupa 3D maupun 2D kedalam dunia nyata, titik koordinat pada marker bervungsi sebagai proses tracking di mulai dari tahap input image merupakan proses mengolah secara realtime fram dari hasil tangkapan kamera. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti mendapatkan hasil dari usability mendapatkan sekor perhitungan 79,78% teknologi dalam kategori baik, hasil dari kuesioner guru dalam membantu penyampaian materi memberikan penilaian sangat setuju dalam enam pertanyaan yang di ajukan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sulistiyono, Mulia
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, media pembelajaran, proses metamorfosis, marker based tracking, learning media, metamorphosis process,
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:35
Last Modified: 22 Aug 2023 02:03
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/295

Actions (login required)

View Item View Item