ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA PESAN IKLAN AIR MINUM DALAM KEMASAN AQUA VERSI “KELUARGA TERPENTING BAGIKU, KUPILIH AQUA” PADA MEDIA SOSIAL YOUTUBE

Albani, Muhammad Mafud (2025) ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA PESAN IKLAN AIR MINUM DALAM KEMASAN AQUA VERSI “KELUARGA TERPENTING BAGIKU, KUPILIH AQUA” PADA MEDIA SOSIAL YOUTUBE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (932kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (77kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis semiotika makna pesan yang terdapat di dalam iklan air minum dalam kemasan AQUA. Objek penelitian ini yaitu Iklan AQUA versi “Keluarga Terpenting Bagiku, Kupilih AQUA” pada media sosial Youtube. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika model Ferdinand De Saussure. Semiotika model Ferdinand De Saussure dilakukan dengan membagi hubungan antara penanda (signifier) dengan petanda (signified) yang disebut dengan signifikasi yang menggambarkan tanda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penanda yaitu audio atau backsound serta petanda dari scene dalam bentuk gerakan-gerakan yang mengandung makna yang ingin disampaikan kepada audience. Bahasa yang digunakan dalam audio sebagai tanda dan hubungan dari setiap adegan juga dapat digunakan untuk meningkatkan daya tarik merek dan memberikan pesan moral di dalamnya. Selain itu, analisis semiotika Ferdinand De Saussure terhadap iklan AQUA "Keluarga Terpenting Bagiku, Kupilih AQUA" memberikan perspektif yang dalam mengenai bagaimana pemilihan kata dalam bahasa dan tanda-tanda dimanfaatkan untuk mengonstruksi makna dan memengaruhi perilaku konsumen.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Yudaninggar, Kartika Sari
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Ferdinand De Saussure, Makna Pesan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Kewirausahaan
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 17 Apr 2025 06:17
Last Modified: 17 Apr 2025 06:17
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29488

Actions (login required)

View Item View Item