Sihite, Suhaeli Samuel (2025) {JALUR ENTREPRENEURSHIP – BUSINESS PLAN} STRATEGI PERKEMBANGAN USAHA WILMER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (630kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) |
Abstract
Wilmer adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang food and beverage (FnB) berupa penyediaan bahan racikan minuman kesehatan. Wilmer berupaya memfokuskan diri pada penyedian bahan racikan minuman kesehatan bagi usaha-usaha yang membutuhkan, seperti café. Usaha Wilmer masih dijalankan secara online dan belum memiliki toko offline. Usaha Wilmer sudah berjalan dari tahun 2024 sampai sekarang. Dalam menjalankan usahanya, Wilmer masih menggunakan promosi secara langsung dari mulut ke mulut kepada relasi yang dimiliki oleh pemilik usaha. Namun usaha Wilmer juga menggunakan media sosial seperti Whatsapp dan Instagram sebagai media promosi dan komunikasi. Dalam upaya melakukan perencanaan strategi perkembangan usaha Wilmer menggunakan metode analisis SWOT (Streght, Weakness, Opportunities, dan Threats) untuk mendalami keadaan internal dan eksternal usaha. Penelitian ini juga menggunakan BMC (Business Model Canvas) sebagai dasar dalam menganalisa usaha dan menentukan strategi kelanjutan bisnis. BMC akan menjadi data dasar dalam memahami model bisnis yang dijalankan usaha Wilmer serta sebagai gambaran terhadap usaha Wilmer dalam menjalankan usahanya. Selanjutnya data pada metode SWOT akan menjadi bahan menganalisa faktor internal dan eksternal usaha Wilmer mengenai hal-hal yang memengaruhi kinerja usaha Wilmer. Tujuan dari adanya penelitian ini yaitu untuk menganalisa usaha Wilmer menggunakan metode SWOT dan BMC kemudian mengolah hasil analisa tersebut menjadi sebuah strategi perencanaan untuk mengembangkan usaha Wilmer kedepannya. Sehingga dalam menjalankan usaha nya, usaha Wilmer memiliki struktur pengembangan usaha yang jelas dan memiliki kekuatan dalam mengatasi tantangan yang ada, serta mampu mengambil peluang kedepan untuk kemajuan usaha nya. Sehingga usaha Wilmer dapat memperoleh keuntungan yang optimal. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang baik pada usaha Wilmer dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Wilmer, SWOT, BMC, Kesehatan | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 338.04 Kewirausahaan | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Kewirausahaan | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 17 Apr 2025 03:33 | ||
Last Modified: | 17 Apr 2025 03:33 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29474 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |