Jayawardana, Krisna Arimurti (2024) IMPLEMENTASI 3D MODELING PADA BACKGROUND FILM 3D “LAST HOPE” STUDI KASUS SCENE PADANG PASIR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (772kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (996kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1182.zip Restricted to Repository staff only Download (140MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (762kB) |
Abstract
Animasi 3D adalah teknik animasi yang menggunakan ruang tiga dimensi untuk membuat objek atau karakter digital terlihat memiliki kedalaman, tinggi, dan lebar. Dalam pembuatan animasi 3D, ada beberapa tahapan yang harus dilalui, salah satunya yaitu pembuatan environment. Dalam pembuatan environment ini, umumnya menggunakan teknik modeling. Pada animasi “Last Hope” teknik modeling ini menggabungkan dengan teknik sculpting dan procedural geometry nodes. Pada cerita animasi “Last Hope” bumi sedang dalam keadaan krisis sehingga manusia membuat 2 robot yang ditugaskan untuk mencari planet baru untuk ditinggali umat manusia. Pada planet LH-013 terdapat environment gurun pasir yang berlatarkan gersang dan tidak ada sumber kehidupan, dan terdapat bongkahan crystal besar. Latar yang dipilih memberikan kesan luar angkasa dan kondisi planet tersebut. Pada konsep diatas maka diperlukan teknik sculpting untuk membuat background bentuk dasar pasir gurun pasir dengan style 3D semi-realis. Berikutnya memberikan tekstur yang sesuai agar hasil akhir terlihat lebih detail dan nyata. Proses texturing yang digunakan pada proses kali ini yaitu menggunakan teknik procedural shader nodes untuk membuat tekstur sehingga bisa diatur secara otomatis tanpa harus membuat peta tekstur secara manual. Teknik ini digunakan untuk kebaragaman visual serta mendukung style 3D dalam animasi tersebut. sehingga menghasilkan background yang sesuai dengan kebutuhan cerita dan animasi.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi 3D, Environment 3D, Modeling, Sculpting, Procedural | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 15 Apr 2025 06:36 | ||
Last Modified: | 15 Apr 2025 06:36 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29396 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |