{SKEMA MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI TEKNIK FRAME BY FRAME SCENE FIGHTING PADA ANIMASI 2D "MANTRA NARAKA"

Aji, Aloysius Bayu Sasmita (2024) {SKEMA MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI TEKNIK FRAME BY FRAME SCENE FIGHTING PADA ANIMASI 2D "MANTRA NARAKA". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (89kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (36kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1101.zip
Restricted to Repository staff only

Download (128MB)

Abstract

Animasi merupakan seni menciptakan ilusi pergerakan dari gambar diam yang disusun secara berurutan. Perkembangan teknologi telah mengubah proses pembuatan animasi dari manual menggunakan kertas hingga berbasis digital dengan bantuan perangkat lunak komputer, sehingga menciptakan efisiensi tanpa mengurangi kualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan teknik frame by frame dalam pembuatan animasi 2D berjudul "Mantra Naraka." Pembuatan animasi dilakukan menggunakan perangkat lunak Adobe Animate dengan teknik frame by frame, di mana setiap frame digambar secara individual untuk menghasilkan pergerakan yang halus dan realistis. Dalam proses produksi, digunakan prinsip dasar animasi untuk memperkuat kualitas gerakan. Animasi ini memanfaatkan kecepatan standar 24 frame per detik untuk menciptakan visual yang detail, terutama dalam adegan aksi pertarungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik frame by frame mampu menghasilkan animasi dengan gerakan yang lebih halus dan kompleks dibandingkan teknik lain seperti cut out animation. Selain itu, pendekatan ini memberikan fleksibilitas lebih besar dalam menciptakan gerakan aksi yang rumit dan mendetail. Meskipun membutuhkan waktu produksi yang lebih lama, hasil yang dicapai memberikan nilai estetika dan kualitas animasi yang unggul.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Satria, Dhimas Adi
Uncontrolled Keywords: Animasi 2D, Prisip Animasi, Frame by Frame
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 15 Apr 2025 06:23
Last Modified: 15 Apr 2025 06:23
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29392

Actions (login required)

View Item View Item