Aji, Aloysius Bayu Sasmita (2024) {SKEMA MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI TEKNIK FRAME BY FRAME SCENE FIGHTING PADA ANIMASI 2D "MANTRA NARAKA". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (803kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1101.zip Restricted to Repository staff only Download (128MB) |
Abstract
Animasi merupakan seni menciptakan ilusi pergerakan dari gambar diam yang disusun secara berurutan. Perkembangan teknologi telah mengubah proses pembuatan animasi dari manual menggunakan kertas hingga berbasis digital dengan bantuan perangkat lunak komputer, sehingga menciptakan efisiensi tanpa mengurangi kualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan teknik frame by frame dalam pembuatan animasi 2D berjudul "Mantra Naraka." Pembuatan animasi dilakukan menggunakan perangkat lunak Adobe Animate dengan teknik frame by frame, di mana setiap frame digambar secara individual untuk menghasilkan pergerakan yang halus dan realistis. Dalam proses produksi, digunakan prinsip dasar animasi untuk memperkuat kualitas gerakan. Animasi ini memanfaatkan kecepatan standar 24 frame per detik untuk menciptakan visual yang detail, terutama dalam adegan aksi pertarungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik frame by frame mampu menghasilkan animasi dengan gerakan yang lebih halus dan kompleks dibandingkan teknik lain seperti cut out animation. Selain itu, pendekatan ini memberikan fleksibilitas lebih besar dalam menciptakan gerakan aksi yang rumit dan mendetail. Meskipun membutuhkan waktu produksi yang lebih lama, hasil yang dicapai memberikan nilai estetika dan kualitas animasi yang unggul.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi 2D, Prisip Animasi, Frame by Frame | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 15 Apr 2025 06:23 | ||
Last Modified: | 15 Apr 2025 06:23 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29392 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |