Majid, Arsyillah (2024) {SKEMA MAGANG ARTIST} PEMBAHASAN RIGGING KARAKTER DAN ANIMASI PADA SCENE JUNGLE 3D REMAKE JINGLE AMIKOM. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (972kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (79kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.82.0599.zip Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Rigging merupakan teknik penting dalam animasi 3D untuk memberikan kontrol pada karakter sehingga dapat digerakkan secara realistis. Proses ini mempermudah animator dalam menciptakan gerakan sesuai kebutuhan dan storyboard yang telah dirancang. Dalam kolaborasi antara Parama Creative dan Program Studi Teknik Informatika melalui program Puntadewa, mahasiswa diberikan kesempatan untuk menyelesaikan skripsi melalui pengerjaan proyek animasi 3D. Salah satu proyek yang dikerjakan adalah remake jingle Amikom, khususnya pada scene jungle, yang melibatkan karakter troll, kupu-kupu, kumbang, dan laba-laba. Pada proyek ini, rigging diterapkan untuk mengatur kontrol pada masingmasing karakter. Karakter troll dianimasikan untuk menari mengikuti irama lagu, kupu-kupu terbang di belakang model live-action, laba-laba bergerak naik turun dengan jaringnya, dan kumbang hinggap di pohon sambil mengepakkan sayapnya. Teknik rigging dan animasi digunakan untuk menghidupkan adegan sesuai dengan konsep yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk membahas proses rigging karakter dan animasi pada scene jungle dalam remake jingle Amikom. Hasil yang diharapkan adalah animasi yang realistis dan sinkron dengan konsep lagu, sehingga dapat digunakan sebagai bagian dari skripsi mahasiswa dalam program Puntadewa.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi 3D, Pose , Rigging , Gerakan Karakter | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 15 Apr 2025 06:18 | ||
Last Modified: | 15 Apr 2025 06:18 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29390 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |