Irsandi, Irsandi (2024) PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN BANGUNAN BERSEJARAH DI INDONESIA BERBASIS ANDROID DENGAN TEKNIK SHADE SMOOTH. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (845kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.11.3560.zip Restricted to Repository staff only Download (4kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (757kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi berbasis Android yang menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran untuk mengenalkan bangunan bersejarah di Indonesia. Meskipun Indonesia memiliki banyak bangunan bersejarah, pengetahuan masyarakat tentang bangunanbangunan ini masih rendah, sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan kesadaran dan ketertarikan, terutama di kalangan generasi muda. Aplikasi yang dirancang dalam penelitian ini memanfaatkan teknik shade smooth, yang berfungsi membuat tampilan objek 3D lebih halus dan realistis tanpa menambah jumlah poligon, sehingga pengalaman visual pengguna menjadi lebih baik. Berbeda dengan penelitian sebelumnya yang belum menggunakan teknik ini, aplikasi yang dikembangkan dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan inovasi dalam visualisasi 3D bangunan bersejarah. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan menggunakan alat seperti Unity, Figma, Blender, dan Vuforia Library. Pada akhirnya, aplikasi AR berhasil menampilkan objek 3D bangunan bersejarah dengan visual yang lebih halus dan realistis. Ini memungkinkan masyarakat untuk lebih memahami bangunan bersejarah di Indonesia dan memperkuat upaya pelestariannya.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Bangunan Bersejarah, Android, Shade Smooth, Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Visualisasi 3D | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 09 Apr 2025 07:36 | ||
Last Modified: | 09 Apr 2025 07:36 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29215 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |