RANCANG BANGUN PERMAINAN “COLORLESS WORLD” SEBAGAI ALAT DIAGNOSA GEJALA BUTA WARNA JENIS “ACHROMATOPSIA”

Kesuma, Mekar Ranum (2024) RANCANG BANGUN PERMAINAN “COLORLESS WORLD” SEBAGAI ALAT DIAGNOSA GEJALA BUTA WARNA JENIS “ACHROMATOPSIA”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (111kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1263.zip
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)

Abstract

Ketika seseorang tidak dapat melihat warna seperti seharusnya, mereka disebut buta warna. Masyarakat umum yang tinggal di perdesaan atau jauh dari kota masih kesulitan melakukan pengujian buta warna karena keterbatasan sarana pendukung. Untuk mencapai tujuan ini, diperlukan sebuah aplikasi atau game dengan menggunakan metode Ishihara yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk mempelajari masalah terkait dengan buta warna yang dapat digunakan sebagai hiburan serta untuk memberi tahu orang-orang baru bahwa mereka mungkin mengalami buta warna. Engine unity berbasis dua dimensi digunakan dalam pembuatan game ini. Analisis, design, pengembangan, implementasi, dan uji kelayakan adalah bagian dari proses pengembangan. Dalam perancangan ini, data akan dikumpulkan melalui penelitian literatur dan eksisiting, eksperimen untuk menentukan konsep desain, wawancara mendalam dengan beberapa ahli seperti dokter spesialis mata, dan spesialis game. Pengujian pengguna untuk menguji desain yang akan diterapkan pada pengembangan game.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Filza, Muhammad Fairul
Uncontrolled Keywords: Buta Warna, Unity, Game, Dua Dimensi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 09 Apr 2025 06:57
Last Modified: 09 Apr 2025 06:57
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29205

Actions (login required)

View Item View Item