Ramdhan, Muhammad Luqman (2025) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN KARAKTER 3D “TERRA-07” MENGGUNAKAN TEKNIK POLYGONAL MODELLING PADA FILM 3D ANIMASI “LAST HOPE”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (681kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (875kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1186.zip Restricted to Repository staff only Download (145MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (945kB) |
Abstract
Animasi 3D adalah proses pembuatan gambar bergerak dalam bidang tiga dimensi yaitu sumbu X,Y, dan Z. Sumbu X mempresentasikan horizontal, sumbu Y mempresentasikan vertikal, dan sumbu Z mempresentasikan kedalaman. Salah satu tahapan penting dalam membuat animasi 3D adalah modeling. Modeling karakter memiliki peran penting dalam menjalankan cerita. Karakter “Terra-07” memiliki ciri khas pada animasi “Last Hope” yang disesuaikan dengan tema film yaitu Sci-fi. Tahapan yang dilakukan dalam pembuatan 3D modeling karakter meliputi tahap modeling dan rigging dengan menggunakan software Blender dan texturing menggunakan software Adobe Substance 3D Painter. Pembuatan model karakter “Terra-07” menerapkan teknik polygonal modeling, di mana bentuk-bentuk dasar poligon diatur dan dihubungkan sehingga membentuk karakter utuh, dan pemberian rigging untuk mengontrol setiap bagian dari karakter yang diperlukan. Texture logam dipilih dan digunakan untuk menciptakan visual yang sesuai dengan tema film. Berdasarkan beberapa hal tersebut penulis menerapkan teknik polygonal modeling untuk menghasilkan karakter 3D sebagai peran penting dalam film “Last Hope”. Dengan memanfaatkan fitur dan teknik tersebut diharapkan dapat menyingkat waktu dalam proses pembuatan dan tetap menjaga kualitas dengan hasil yang rapi dan proporsional.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | 3D, Karakter, Modeling, Polygonal, Animasi 3D | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 09 Apr 2025 06:41 | ||
Last Modified: | 09 Apr 2025 06:41 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29199 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |