PEMBUATAN APLIKASI ANDROID AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METODE MDLC (Studi Kasus: PT. Sebangku Jaya Abadi)

Pratama, Aditya Ramputra (2024) PEMBUATAN APLIKASI ANDROID AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METODE MDLC (Studi Kasus: PT. Sebangku Jaya Abadi). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (132kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (35kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.82.0863.zip
Restricted to Repository staff only

Download (189MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Augmented Reality (AR) merupakan salah satu hasil dari pesatnya perkembangan teknologi, dengan memungkinkannya integrasi objek 3D ke dunia nyata AR dapat memberikan pengalaman interaktif bagi pengguna. AR sendiri bisa dimanfaatkan ke dalam berbagai sektor seperti pendidikan, wisata, dan bahkan dalam industry kreatif. Pengembangan AR memiliki 2 metode utama, yaitu markerbase dan markerless, dalam metode markerbase diperlukan sebuah marker dalam bentuk gambar atau pola seperti barcode sebagai tempat dimana system akan memunculkan objek 3D, sedangkan dalam metode markerless system menggunakan data dari sensor perangkat sebagai target untuk memunculkan objek 3D. Aplikasi AR dalam penelitian ini diciptakan untuk mengenalkan sebuah Intelektual Properti milik PT. Sebangku Jaya Abadi yang bernama “Marica” dengan cara yang menarik dan interaktif. Penelitian ini menggunakan Unity Engine sebagai platform utama dalam pengembangan aplikasi ini. Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari tahapan konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi digunakan sebagai kerangka kerja dalam pembuatan dan pengembangan aplikasi ini. Aplikasi AR yang dikembangkan dalam penelitian ini menggunakan 2 metode yaitu markerbase dan markeless sekaligus, agar memberikan pengguna pilihan dan pengalaman yang berbeda ketika menggunakan aplikasi ini. Dengan dikembangkannya aplikasi AR ini diharapkan mampu mengenalkan Marica ke khayalak umum dengan lebih menarik dan interaktif.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Rizky, Rizky
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Markerbase, Markerless, MDLC, Intelektual Properti
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 25 Mar 2025 05:05
Last Modified: 25 Mar 2025 05:05
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29141

Actions (login required)

View Item View Item