Pratama, Aditya Ramputra (2024) PEMBUATAN APLIKASI ANDROID AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METODE MDLC (Studi Kasus: PT. Sebangku Jaya Abadi). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.82.0863.zip Restricted to Repository staff only Download (189MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Augmented Reality (AR) merupakan salah satu hasil dari pesatnya perkembangan teknologi, dengan memungkinkannya integrasi objek 3D ke dunia nyata AR dapat memberikan pengalaman interaktif bagi pengguna. AR sendiri bisa dimanfaatkan ke dalam berbagai sektor seperti pendidikan, wisata, dan bahkan dalam industry kreatif. Pengembangan AR memiliki 2 metode utama, yaitu markerbase dan markerless, dalam metode markerbase diperlukan sebuah marker dalam bentuk gambar atau pola seperti barcode sebagai tempat dimana system akan memunculkan objek 3D, sedangkan dalam metode markerless system menggunakan data dari sensor perangkat sebagai target untuk memunculkan objek 3D. Aplikasi AR dalam penelitian ini diciptakan untuk mengenalkan sebuah Intelektual Properti milik PT. Sebangku Jaya Abadi yang bernama “Marica” dengan cara yang menarik dan interaktif. Penelitian ini menggunakan Unity Engine sebagai platform utama dalam pengembangan aplikasi ini. Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari tahapan konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi digunakan sebagai kerangka kerja dalam pembuatan dan pengembangan aplikasi ini. Aplikasi AR yang dikembangkan dalam penelitian ini menggunakan 2 metode yaitu markerbase dan markeless sekaligus, agar memberikan pengguna pilihan dan pengalaman yang berbeda ketika menggunakan aplikasi ini. Dengan dikembangkannya aplikasi AR ini diharapkan mampu mengenalkan Marica ke khayalak umum dengan lebih menarik dan interaktif.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Markerbase, Markerless, MDLC, Intelektual Properti | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 25 Mar 2025 05:05 | ||
Last Modified: | 25 Mar 2025 05:05 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29141 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |