STRATEGI KOMUNIKASI MQFM JOGJA DALAM MENINGKATKAN ENGAGEMENT MELALUI KONTEN DI INSTAGRAM

Maharani, Maulina Fatwa (2025) STRATEGI KOMUNIKASI MQFM JOGJA DALAM MENINGKATKAN ENGAGEMENT MELALUI KONTEN DI INSTAGRAM. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (741kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (140kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)

Abstract

Era globalisasi membawa perkembangan dunia teknologi, informasi, dan komunikasi semakin pesat. Penggunaan dan pemanfaatan media sosial sudah sampai pada level perusahaan. Oleh karena itu media sosial menjadi penting digunakan sebagai media untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan audiennya, dalam prosesnya perusahaan juga perlu menerapkan strategi komunikasi agar komunikasi yang dibangun dengan audiensnya berjalan dengan efektif. @mqfmjogja merupakan akun Instagram yang digunakan MQFM Jogja untuk membagikan berbagai informasi dan menjadi media komunikasi dengan audiensnya. Akan tetapi, meningkatkan engagement menjadi tantangan bagi para pengguna media sosial. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi MQFM Jogja dalam meningkatkan engagement melalui konten di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penulis mengumpulakan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data di analisis dengan teknik berdasarkan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan ialah teori dari Regina Luttrell “The Circular Model Of Some” yang terdiri dari pertama share yaitu memilih media sosial Instagram dan menentukan, mengenali, dan memahami audiens menggunakan fitur insight. Kedua optimaze yaitu membuat etalase yang cantik dan menarik, pengemasan konten seperti jenis koten yang mengikuti tren, pesesuain dengan nilai-nilai MQ. Ketiga manage yaitu melakukan media monitoring atau evaluasi, melakukan respon balik baik di kolom komen atau dm Instagram, melakukan interaksi secara real-time melalui konten polling di instastory. Dan keempat engage yaitu memanfaatkan brand insfluencer dan kolaborasi media partner. Maka dapat disimpulkan bahwa MQ menerapkan teori tersebut dengan efektif dan dapat memberikan konstribusi dalam membangun keterlibatan audiens ataupun meningkatkan engagement pada akun Instagramnya.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Erlistyarini, Yulinda
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Media Sosial, Instagram, Engagement
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 25 Mar 2025 04:34
Last Modified: 25 Mar 2025 04:34
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29135

Actions (login required)

View Item View Item