Maharani, Maulina Fatwa (2025) STRATEGI KOMUNIKASI MQFM JOGJA DALAM MENINGKATKAN ENGAGEMENT MELALUI KONTEN DI INSTAGRAM. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (741kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (334kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (820kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) |
Abstract
Era globalisasi membawa perkembangan dunia teknologi, informasi, dan komunikasi semakin pesat. Penggunaan dan pemanfaatan media sosial sudah sampai pada level perusahaan. Oleh karena itu media sosial menjadi penting digunakan sebagai media untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan audiennya, dalam prosesnya perusahaan juga perlu menerapkan strategi komunikasi agar komunikasi yang dibangun dengan audiensnya berjalan dengan efektif. @mqfmjogja merupakan akun Instagram yang digunakan MQFM Jogja untuk membagikan berbagai informasi dan menjadi media komunikasi dengan audiensnya. Akan tetapi, meningkatkan engagement menjadi tantangan bagi para pengguna media sosial. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi MQFM Jogja dalam meningkatkan engagement melalui konten di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penulis mengumpulakan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data di analisis dengan teknik berdasarkan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan ialah teori dari Regina Luttrell “The Circular Model Of Some” yang terdiri dari pertama share yaitu memilih media sosial Instagram dan menentukan, mengenali, dan memahami audiens menggunakan fitur insight. Kedua optimaze yaitu membuat etalase yang cantik dan menarik, pengemasan konten seperti jenis koten yang mengikuti tren, pesesuain dengan nilai-nilai MQ. Ketiga manage yaitu melakukan media monitoring atau evaluasi, melakukan respon balik baik di kolom komen atau dm Instagram, melakukan interaksi secara real-time melalui konten polling di instastory. Dan keempat engage yaitu memanfaatkan brand insfluencer dan kolaborasi media partner. Maka dapat disimpulkan bahwa MQ menerapkan teori tersebut dengan efektif dan dapat memberikan konstribusi dalam membangun keterlibatan audiens ataupun meningkatkan engagement pada akun Instagramnya.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Media Sosial, Instagram, Engagement | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 25 Mar 2025 04:34 | ||
Last Modified: | 25 Mar 2025 04:34 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29135 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |