Ivanka, Dhian Reza (2024) {SKEMA MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI TEKNIK FRAME BY FRAME 2D EFFECT PADA SCENE BEBATUAN REMAKE JINGLE AMIKOM. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (754kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.82.0318.zip Restricted to Repository staff only Download (67MB) |
Abstract
Animasi efek 2 dimensi adalah teknik yang memperkaya cerita animasi dengan memasukkan efek visual seperti api, air, dan sihir dalam ruang dua dimensi. Berbeda dengan animasi 3 dimensi yang menekankan kedalaman dan realisme, animasi efek 2D lebih fokus pada visual yang bergaya dan dinamis, yang dibuat melalui metode gambar tangan atau digital. Penulisan ini membahas animasi efek 2D skripsi ini juga membahas bagaimana alat digital dan perangkat lunak komposit telah mengubah proses pembuatan efek, memberikan fleksibilitas lebih bagi animator. Dengan membahas aspek artistik dan teknis, penulisan ini menunjukkan relevansi dan kreativitas animasi efek 2D dalam praktik animasi modern. Dalam pembuatan animasi efek ini penulis menggunakan software PaintTool Sai untuk membuat sketsa kasar kemudian Adobe Photoshop untuk menggerakan gambar serta menggunakan teknik frame by frame yang dimana gambar di setiap frame nya dibuat satu per-satu dan berbeda antara satu gambar dengan gambar yang lain. Dalam menggunakan teknik frame by frame ini membuat setiap gerakan yang dihasilkan terlihat halus dan lebih detail dalam penerapan gerakan aksi pada animasi dan menerapkan prinsip-prinsip animasi dalam gerakannya. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan teknik frame by frame dapat menghasilkan animasi yang lebih halus dan dapat membuat gerakan-gerakan aksi yang rumit, detail dibandingkan dengan teknik cut out pada pembuatan animasi 2D.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Efek Visual, Animasi 2D, Animasi Digital, Teknik Frame by Frame, Prinsip Animasi | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 25 Mar 2025 03:43 | ||
Last Modified: | 25 Mar 2025 03:43 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29125 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |