{SKEMA MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI SCULPTING MODELING DALAM PEMBUATAN ASET KARAKTER 3 DIMENSI PADA PERMAINAN "ANGST VERLOREN"

Dzulfikar, Hilmie (2024) {SKEMA MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI SCULPTING MODELING DALAM PEMBUATAN ASET KARAKTER 3 DIMENSI PADA PERMAINAN "ANGST VERLOREN". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (791kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (34kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1124.zip
Restricted to Repository staff only

Download (167MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi sculpting untuk membuat sebuah karakter 3 Dimensi pada game “Angst Verloren” . Teknik sculpting dipilih karena teknik ini dapat menghasilkan sebuah detail tinggi pada model desain karakter, dan digunakan dalam pembuatan awal karakter yang dapat di improvisasi kan lagi dari desain awal. Pada penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana teknik sculpting dapat memberikan fleksibilitas dalam membuat sebuah model karakter 3 Dimensi. Metode penelitian mencakup tahap pra produksi, seperti pembuatan konsep dan desain karakter, hingga tahap pasca produksi, seperti texturing, rigging, dan animasi . Aset yang dibuat meliputi karakter utama, musuh, dan beberapa karakter pendukung yang disesuaikan dengan tema medieval. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa teknik sculpting modeling efektif dalam pembuatan sebuah aset karakter, aset environment , maupun aset properties yang membutuhkan detail yang cukup tinggi. Meskipun demikian, teknik ini terdapat beberapa kendala pada keterbatasan waktu dan keterampilan teknik dalam beberapa aspek produksi. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan pentingnya perencanaan yang baik dan meningkatkan kemampuan teknik dalam melakukan produksi. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi bagi pengembangan aset 3 Dimensi dengan menunjukkan teknik sculpting sebagai senjata utama dalam industri game.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Filza, Muhammad Fairul
Uncontrolled Keywords: Sculpting Modeling, Aset Karakter 3D, Blender 3D, Game Development
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 19 Mar 2025 04:58
Last Modified: 19 Mar 2025 04:58
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28940

Actions (login required)

View Item View Item