Dzulfikar, Hilmie (2024) {SKEMA MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI SCULPTING MODELING DALAM PEMBUATAN ASET KARAKTER 3 DIMENSI PADA PERMAINAN "ANGST VERLOREN". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (791kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (729kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1124.zip Restricted to Repository staff only Download (167MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang implementasi sculpting untuk membuat sebuah karakter 3 Dimensi pada game “Angst Verloren” . Teknik sculpting dipilih karena teknik ini dapat menghasilkan sebuah detail tinggi pada model desain karakter, dan digunakan dalam pembuatan awal karakter yang dapat di improvisasi kan lagi dari desain awal. Pada penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana teknik sculpting dapat memberikan fleksibilitas dalam membuat sebuah model karakter 3 Dimensi. Metode penelitian mencakup tahap pra produksi, seperti pembuatan konsep dan desain karakter, hingga tahap pasca produksi, seperti texturing, rigging, dan animasi . Aset yang dibuat meliputi karakter utama, musuh, dan beberapa karakter pendukung yang disesuaikan dengan tema medieval. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa teknik sculpting modeling efektif dalam pembuatan sebuah aset karakter, aset environment , maupun aset properties yang membutuhkan detail yang cukup tinggi. Meskipun demikian, teknik ini terdapat beberapa kendala pada keterbatasan waktu dan keterampilan teknik dalam beberapa aspek produksi. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan pentingnya perencanaan yang baik dan meningkatkan kemampuan teknik dalam melakukan produksi. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi bagi pengembangan aset 3 Dimensi dengan menunjukkan teknik sculpting sebagai senjata utama dalam industri game.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Sculpting Modeling, Aset Karakter 3D, Blender 3D, Game Development | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 19 Mar 2025 04:58 | ||
Last Modified: | 19 Mar 2025 04:58 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28940 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |