Saputra, Muhammad Yoga (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN TEKNIK LIVE SHOOT DAN MOTION GRAPHIC TENTANG DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK DENGAN REAKTOR PORTABEL. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (585kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (600kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.01.4721.zip Restricted to Repository staff only Download (155MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (813kB) |
Abstract
Dalam era digital yang berkembang pesat, penggunaan media visual telah menjadi alat yang sangat efektif dalam dunia pendidikan, khususnya dalam media pembelajaran. Di MA Miftahunnajah, terdapat kebutuhan untuk menyediakan media pembelajaran yang efektif terkait pengolahan limbah sampah plastik menggunakan reaktor portabel. Saat ini, belum ada media pembelajaran berbasis video yang memberikan gambaran nyata tentang proses pemilahan dan pengolahan sampah plastik di madrasah tersebut. Kondisi ini menghambat pemahaman siswa tentang pentingnya pengelolaan sampah plastik dan cara memanfaatkannya kembali. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) untuk mengembangkan video pembelajaran yang dinamis dan informatif. MDLC terdiri dari beberapa tahapan, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Dalam tahap concept, ditentukan tujuan dan konten video untuk membuat script. Tahap design melibatkan pembuatan storyboard. Tahap material collecting mencakup pengumpulan bahan-bahan pendukung seperti gambar dan video. Tahap assembly adalah proses pengeditan dan penggabungan semua elemen menjadi satu kesatuan video yang utuh. Tahap testing dilakukan untuk memastikan video berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Tahap terakhir adalah distribution, di mana video didistribusikan kepada MA Miftahunnajah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran tentang pengolahan sampah plastik menggunakan rekator portabel yang dikembangkan menggunakan teknik liveshoot dan motion graphic mampu meningkatkan pemahaman siswa mengenai pemilahan dan pengolahan sampah plastik. Siswa memberikan respon positif terhadap kualitas visual dan konten video, dan dari hasil kuisioner yang telah di berikan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 84,74% dengan kategori sangat baik. Video ini juga berhasil menarik minat siswa untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan berpartisipasi dalam program pengelolaan sampah di madrasah mereka.
Item Type: | Thesis (D3 - Diploma) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Sampah Plastik, Liveshoot, Motion Graphic, Reaktor Portabel, Video Pembelajaran | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 14 Mar 2025 04:04 | ||
Last Modified: | 14 Mar 2025 04:04 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28858 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |