Ridwan, Rizki Muhammad (2024) {JALUR ENTREPRENEURSHIP – BUSINESS PLAN} ANALISIS PENGEMBANGAN USAHA KOOKIE CUISINE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (737kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (78kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kookie Cuisine merupakan sebuah usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang bergerak di bidang kuliner berupa hidangan pendamping seperti dimsum dan juga. Kookie Cuisine berfokus pada kuliner yang sedang viral dengan harga yang terjangkau dan berkualitas. Kookie Cuisine sudah mulai beroperasi sejak tahun 2023. Usaha ini berpusat di Jalan Sempu, Dusun Sempu, Desa Sempu, kapanewon Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam menjalankan dan melancarkan usaha, Kookie Cuisine menggunakan platform media sosial sebagai media promosi seperti Instagram, tiktok, Go Food, dan juga mengikuti event kuliner. Dalam penelitian pengembangan bisnis kuliner Kookie Cuisine ini menggunakan metode analisis SWOT (Strength, Weakness, Oportunnities, dan Threats) untuk meneliti kondisi bisnis dan membandingkannya dengan competitor. Penulis juga menggunakan BMC (Busines Model Canvas) sebagai landasan untuk menganalisis dan merancang strategi bisnis yang berkelanjutan. Metode SWOT akan menjadi data untuk menganalisa faktor internal dan eksternal mengenai hal-hal yang memengaruhi kinerja bisnis, selanjutnya metode BMC yang digunakan untuk mendalami model serta konteks bisnis yang dijalankan. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi usaha kuliner Kookie Cuisine menggunakan metode SWOT dan BMC kemudian mengolah identifikasi tersebut menjadi sebuah perencanaan usaha. Sehingga kelangsungan usaha memiliki kejelasan dan memiliki kekuatan dalam mengatasi tantangan yang ada pada usaha kuliner Kookie Cuisine. Sehingga usaha kuliner dapat memperoleh keuntungan yang optimal. Analisis ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada usaha Kookie Cuisine untuk berkembang dan berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan Usaha, Analisis SWOT, BMC, Kuliner | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 338.04 Kewirausahaan | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Kewirausahaan | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 12 Mar 2025 02:59 | ||
Last Modified: | 12 Mar 2025 02:59 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28790 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |