PENGENALAN BERBAGAI HEWAN KEPADA ANAK - ANAK MENGGUNAKAN ANIMAL CARD DAN TEKNIK 3D AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Sholikhah, Khanifatun (2020) PENGENALAN BERBAGAI HEWAN KEPADA ANAK - ANAK MENGGUNAKAN ANIMAL CARD DAN TEKNIK 3D AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (873kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (34kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code-13.11.7473-Khanifatun Sholikhah - Khanifatun Sholikhah.zip
Restricted to Repository staff only

Download (48MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-13.11.7473-Khanifatun Sholikhah - Khanifatun Sholikhah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)

Abstract

Augmented Reality merupakan suatu teknologi yang menambahkan objek virtual ke dalam lingkungan nyata secara realtime sehingga batas diantaranya menjadi sangat tipis. Objek virtual yang ditambahkan adalah objek 3 Dimensi yang terintegrasi ke dunia nyata. Benda benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna dengan inderanya sendiri. Hal ini membuat Augmented Reality sesuai sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi pengguna dengan dunia nyata. Pengenalan Hewan kepada anak anak dapat merangsak otak dan melatih kreatifitas.Dengan adanya teknologi Smartphone dan teknologi Augmented Reality, peneliti bertujuan untuk membuat media pembelajaran Pengenalan Berbagai Hewan menggunakan smartphone dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality dan AR card. Metode yang dilakukan dalam pembuatan media pembelajaran ini adalah study literature, eksperimen. Pembuatan diawali dengan mengumpulkan data data yang akan dibuat sebagai model, lalu akan dibuat menggunakan software 3D max. Perancangan aplikasi dibuat menggunakan software Unity, sedangkan perancangan marker dibuat menggunakan Adobe Illustrator. Media pembelajaran ini nantinya diharapkan dapat membantu orang tua maupun guru dalam meningkatkan minat belajar anak.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Kharisma, Rizqi Sukma
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, media pembelajaran, AR Card
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 27 Jun 2022 07:22
Last Modified: 21 Aug 2023 02:15
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2878

Actions (login required)

View Item View Item