{SKEMA MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI METODE HIERARCHICAL FINITE STATE MACHINE PADA SISTEM ENEMY UNTUK PERMAINAN "VOID ASTRALE"

Adhyasta, Andrey (2024) {SKEMA MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI METODE HIERARCHICAL FINITE STATE MACHINE PADA SISTEM ENEMY UNTUK PERMAINAN "VOID ASTRALE". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (835kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (93kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (48kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.60.0124.zip
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)

Abstract

Dalam sebuah game atau permainan, terdapat aturan dan tujuan dalam permainan yang dibuat untuk para pemain yang akan menentukan para pemain dalam posisi kalah atau menang. Game sudah berkembang pesat hingga saat ini terdapat game dalam media digital yaitu video game. Umumnya dalam sebuah video game terdapat tantangan tambahan atau obstacle yang berperan sebagai penghalang bagi pemain dalam meraih kemenangan. Tantangan dalam video game yang berjudul “VOID Astrale” berupa NPC (Non-Playable Character) yang berperan sebagai musuh. Untuk menciptakan pengalaman permainan yang imersif, NPC perlu memiliki sistem kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) yang berperan sebagai aturan dasar dalam mengambil keputusan-keputusan tertentu. Perilaku kecerdasan buatan ini dapat diaplikasikan dengan metode Hierarchical Finite State Machine (HFSM). Dengan memanfaatkan struktur HFSM, perilaku musuh diorganisasikan ke dalam beberapa tingkatan state. Metode ini memastikan musuh dapat merespons secara adaptif terhadap berbagai skenario dalam permainan, sehingga perilaku dari NPC dapat meningkatkan pengalaman permainan. Penelitian ini mencakup perancangan, implementasi, improvisasi dan pengujian sistem musuh berbasis HFSM. Penelitian ini bertujuan untuk memberi pengetahuan tentang bagaimana penerapan metode HFSM diimplementasikan di dalam game “VOID Astrale.”

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Filza, Muhammad Fairul
Uncontrolled Keywords: Hierarchical Finite State Machine, Permainan, Kecerdasan Buatan, Unity, Scriptable Object
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Mar 2025 06:39
Last Modified: 07 Mar 2025 06:39
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28745

Actions (login required)

View Item View Item