Adhyasta, Andrey (2024) {SKEMA MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI METODE HIERARCHICAL FINITE STATE MACHINE PADA SISTEM ENEMY UNTUK PERMAINAN "VOID ASTRALE". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (835kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (814kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.60.0124.zip Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
Abstract
Dalam sebuah game atau permainan, terdapat aturan dan tujuan dalam permainan yang dibuat untuk para pemain yang akan menentukan para pemain dalam posisi kalah atau menang. Game sudah berkembang pesat hingga saat ini terdapat game dalam media digital yaitu video game. Umumnya dalam sebuah video game terdapat tantangan tambahan atau obstacle yang berperan sebagai penghalang bagi pemain dalam meraih kemenangan. Tantangan dalam video game yang berjudul “VOID Astrale” berupa NPC (Non-Playable Character) yang berperan sebagai musuh. Untuk menciptakan pengalaman permainan yang imersif, NPC perlu memiliki sistem kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) yang berperan sebagai aturan dasar dalam mengambil keputusan-keputusan tertentu. Perilaku kecerdasan buatan ini dapat diaplikasikan dengan metode Hierarchical Finite State Machine (HFSM). Dengan memanfaatkan struktur HFSM, perilaku musuh diorganisasikan ke dalam beberapa tingkatan state. Metode ini memastikan musuh dapat merespons secara adaptif terhadap berbagai skenario dalam permainan, sehingga perilaku dari NPC dapat meningkatkan pengalaman permainan. Penelitian ini mencakup perancangan, implementasi, improvisasi dan pengujian sistem musuh berbasis HFSM. Penelitian ini bertujuan untuk memberi pengetahuan tentang bagaimana penerapan metode HFSM diimplementasikan di dalam game “VOID Astrale.”
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Hierarchical Finite State Machine, Permainan, Kecerdasan Buatan, Unity, Scriptable Object | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 07 Mar 2025 06:39 | ||
Last Modified: | 07 Mar 2025 06:39 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28745 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |