Choirunanda, Muhammad Effan (2024) EFEKTIVITAS PELAYANAN KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL BERBASIS APLIKASI SIPEKA DI KAPANEWON NGAGLIK. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (329kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (870kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (826kB) |
Abstract
Pelayanan publik berbasis teknologi digital pada dasarnya mulai dikembangkan oleh pemerintah seiring dengan penerapan sistem pemerintahan berbasis digital di Indonesia. Sebelum adanya Pelayanan berbasis digital, pelayanan masih menggunakan layanan konvensional yang mewajibkan masyarakat datang langsung ke kantor. Dalam konteks ini, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas aplikasi Sistem Pelayanan KTP Elektronik dan Kartu keluarga (SIPEKA) untuk menilai sejauh mana SIPEKA tersebut mampu meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan diKapanewon Ngaglik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana penulis mendeskripsikan hasil temuan yang didapatkan dengan melakukan wawancara kepada staff dan admin SIPEKA Kapanewon Ngaglik serta melakukan wawancara kepada pengguna SIPEKA di Kapanewon Ngaglik. Dalam metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan empat indikator efektivitas menurut Budiani (2007) hasil penelitian ini menunjukan bahwa SIPEKA terbukti efektif dalam menunjang Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil. dilihat dari ketercapaiannya dalam empat indikator yaitu (1) Ketetapan sasaran, (2) Sosialisasi program (3) Tujuan program (4) Pemantauan Program. Dalam Penelitian ini peneliti telah mendapatkan hasil dengan melaksanakan penelitian menggunakan Teknik pengumpulan Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Berbasis Aplikasi SIPEKA sudah berjalan Cukup Efektif. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya kriteria dalam parameter pengukuran dari setiap indikator yaitu: Ketetapan sasaran, Sosialisasi program, Tujuan Program, Pemantauan Program. Indikator yang belum baik yakni terkait Sosialisasi program yang dimana Sistem Pelayanan KTP-EL dan Kartu Keluarga (SIPEKA) cukup baik bagi kelompok masyarakat dengan mobilitas tinggi atau keterbatasan waktu, tetapi cakupannya masih terbatas dikarenakan kendala pada keterbatasannya anggaran yang ada. Harapanya hasil penelitian ini dapat berkontribusi dalam masukan kritis untuk perkembangan Pelayanan kependudukan berbasis aplikasi sehingga bisa meningkatkan Efektivitas Layanan Kependudukan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, pelayanan, SIPEKA, Kapanewon Ngaglik | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 320 Ilmu politik > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan) | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Pemerintahan | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 07 Mar 2025 02:18 | ||
Last Modified: | 07 Mar 2025 02:18 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28736 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |