PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM MANAJEMEN BANTUAN SOSIAL DENGAN PENDEKATAN USER CENTERED DESIGN BERBASIS WEB STUDI KASUS IKATAN PELAJAR DAN MAHASISWA KABUPATEN TELUK BINTUNI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (IPMA-TB YOGYAKARTA)

Rettobjaan, Paskalis (2024) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM MANAJEMEN BANTUAN SOSIAL DENGAN PENDEKATAN USER CENTERED DESIGN BERBASIS WEB STUDI KASUS IKATAN PELAJAR DAN MAHASISWA KABUPATEN TELUK BINTUNI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (IPMA-TB YOGYAKARTA). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.11.3448.zip
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem manajemen bantuan sosial berbasis website dengan pendekatan user centered design menggunakan bahasa pemrograman php dan mysql untuk meningkatkan efisiensi administrasi ikatan pelajar dan mahasiswa kabupaten teluk Bintuni Yogyakarta. Permasalahan utama yang dihadapi organisasi ini meliputi proses manual yang tidak efisien, keterlambatan dalam pengumpulan dan verifikasi berkas, serta data yang tidak terupdate. Metodologi user centered design digunakan untuk memastikan sistem yang dikembangkan memenuhi kebutuhan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sistem berhasil mengotomatisasi proses pengumpulan data dan berkas, menyediakan fitur verifikasi online, dan memungkinkan pengelolaan data yang lebih efisien. Evaluasi usability menggunakan cognitive walkthrough dan system usability scale (SUS) menunjukkan tingkat keberhasilan penyelesaian tugas 100% dan skor SUS rata-rata 71,0, mengindikasikan sistem memiliki tingkat usabilitas yang baik. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan efisiensi pengelolaan bantuan sosial di IPMA-TB Yogyakarta dan dapat menjadi model bagi organisasi serupa.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pujastuti, Eli
Uncontrolled Keywords: Sistem Manajemen Bantuan Sosial, User Centered Design, IPMA-TB Yogyakarta, Website
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 04 Dec 2024 07:03
Last Modified: 04 Dec 2024 07:03
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28626

Actions (login required)

View Item View Item