Novany, Aji Wahyu Izza (2024) PEMANFAATAN SPEECH RECOGNITION DAN TEXT TO SPEECH DALAM MEMBANGUN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS WEBSITE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (244kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (655kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (858kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (81kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.11.2157.zip Restricted to Repository staff only Download (690kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (840kB) |
Abstract
Speech Recognition API ( Application Programming Interface ) merupakan sebuah sistem yang memungkinkan komputer mengenali dan memahami kata-kata yang diucapkan oleh pengguna dengan cara mencocokkan kode digital yang tersimpan didalam perangkat tersebut. Kata-kata yang diucapkan oleh pengguna kemudian dirubah menjadi sebuah pola-pola dan kode digital yang dapat digunakan untuk mengindentifikasi kata-kata tersebut. Text to Speech merupakan kebalikan dari Speech Recognition yaitu sistem yang digunakan untuk mengubah tulisan menjadi bentuk suara yang diucapkan oleh sistem. Text to Speech Bekerja dengan cara mengkonversikan kode digital atau pola-pola linguistik menjadi sebuah kata- kata. Penggunaan media pembelajaran berbasis komputer mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap daya tarik siswa untuk mempelajari kompetensi yang diajarkan. Fungsi media dalam proses belajar mengajar yaitu untuk meningkatkan minat peserta didik dalam kegiatan belajar. Dalam pembelajaran anak usia dini dibutuhkan media pembelajaran seperti permainan edukatif. Permainan menebak gambar dapat membantu meningkatkan penguasaan kosakata pada anak-anak usia dini. Melalui penelitian yang sudah dibahas dan dijabarkan sebelumnya, dalam media pembelajaran Bahasa Indonesia untuk anak usia dini berbasis website dapat ditarik kesimpulan bahwa membangun dan memanfaatkan aplikasi pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan speech recognition dan text to speech berbasis website terbukti menambah minat dan ketertarikan siswa belajar membaca, Dibuktikan dengan keberhasilan siswa dalam mengoperasikan aplikasi ini ditandai dengan hasil pengujian siswa mendapatkan skor 90%.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Speech Recognition, Text To Speech, Website, Media Interaktif, Dice Coeficient | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 26 Nov 2024 06:27 | ||
Last Modified: | 26 Nov 2024 06:27 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28423 |
Actions (login required)
View Item |