REPRESENTASI GAYA HIDUP NEW NORMAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM IKLAN ROKOK A MILD VERSI LENGKAP "BUKAN MAIN TERUS MAJU"

Haqqi, Afif Kurnia (2022) REPRESENTASI GAYA HIDUP NEW NORMAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM IKLAN ROKOK A MILD VERSI LENGKAP "BUKAN MAIN TERUS MAJU". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (660kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (419kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (919kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (122kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
fiks - Publikasi-17.96.0221-Afif Kurnia Haqqi - Afif Kurnia Haqqi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)

Abstract

Fenomena baru Covid-19 memunculkan gaya hidup new normal yang marak terjadi di masyarakat menjadi objek yang menarik bagi para produsen barang atau jasa untuk beriklan di televisi. Fenomena ini sedang diangkat dalam iklan rokok A Mild versi lengkap “Bukan Main Terus Maju” di televisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode semiotika yang dikembangkan Charles Sanders Peirce sebagai pedoman analisis. Teori konstruksi realitas sosial dan teori representasi menjadi teori utama sebagai pijakan akademis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa iklan A Mild versi lengkap “Bukan Main Terus Maju” merepresentasikan gaya hidup new normal sebagai langkah menuju kreativitas bagi orang – orang dengan kondisi ekonomi menengah ke atas, karena dengan memiliki modal mereka dapat mengembangkan kreatifitas dengan mencoba hal – hal baru dalam hidup mereka. Penerapan semiotika Charles Sanders Peirce yang sebelumnya digunakan untuk melihat makna dari tanda produk komersial secara langsung, dalam penelitian ini mendapatkan representasi dari situasi sosial tanpa mengarah langsung ke produk yang ditawarkan. Hal baru yang ditemukan dalam iklan ini bahwa melakukan aktivitas yang dapat mengenang masa kecil menjadi salah satu cara kreatif untuk menghilangkan rasa bosan ketika work from home. Dan juga iklan ini berusaha mengubah beberapa stigma negatif yang beredar di masyarakat mengenai “rebahan”. Saran peneliti, diharapkan A Mild bisa merepresentasikan beragam gaya hidup new normal dari berbagai kalangan dan latar belakang, serta penelitian mengenai iklan selanjutnya untuk mengambil iklan yang ada di media sosial berdasarkan tren saat ini.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Adiyanto, Wiwid
Uncontrolled Keywords: Fenomena, Gaya Hidup New Normal, Representasi, Iklan, A Mild
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:15
Last Modified: 21 Aug 2023 04:15
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/284

Actions (login required)

View Item View Item