DETEKSI KANTUK PADA PENGEMUDI MOBIL

Anggrhesta, Muhamad Surhes (2024) DETEKSI KANTUK PADA PENGEMUDI MOBIL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (565kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.11.3365.zip
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)

Abstract

Masalah kantuk pada pengemudi merupakan ancaman serius terhadap keselamatan lalu lintas, meningkatkan risiko kecelakaan yang dapat berdampak fatal. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggabungkan arsitektur deep learning dan metode haarcascade pada dataset MRL EYE dan. Pada tahap awal, fokus intisari adalah membuat deteksi kantuk menggunakan model deep learning dan Metode Haarcascade.Metodologi penelitian mencakup pengumpulan data dari MRL EYE. Pelatihan model menggunakan aristektur dari Deep Learning dan implementasi Metode Haarcascade untuk deteksi mata. Dalam eksperimen, model mampu mendeteksi tanda-tanda kantuk dengan akurasi yang memuaskan, bahkan dalam kondisi pencahayaan yang bervariasi. Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada pengembangan sistem keamanan berkendara yang lebih canggih. Manfaatnya dapat dirasakan oleh produsen kendaraan, perusahaan teknologi otomotif, dan pengguna akhir yang dapat meningkatkan keamanan dan keselamatan mereka. Meskipun penelitian ini memberikan solusi yang efisien, rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut termasuk eksplorasi variabel lingkungan yang lebih luas dan pengembangan model yang lebih kompleks untuk meningkatkan daya adaptasi dalam berbagai situasi berkendara.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setyanto, Arief
Uncontrolled Keywords: Kantuk Pengemudi, Haarcascade, Dataset MRL EYE
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 26 Nov 2024 02:48
Last Modified: 26 Nov 2024 02:48
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28396

Actions (login required)

View Item View Item